Proliga di BalikpapanNewsBalikpapan –

Persatuan Bola Vollie Seluruh Indonesia (PBVSI) memulai putaran pertama babak penyisihan kompetisi Proliga di Balikpapan Kalimantan Timur, Jumat (5/2/2015). Ajang kasta tertinggi pertandingan bola vollie in doors Indonesia ini diikuti 13 klub putra putri memperebutkan total hadiah Rp 1,1 miliar.

“Kompetisi bola vollie ini untuk pertama kalinya diadakan di Balikpapan,” kata Direktur Proliga PBVSI, Hanny Surkatty dalam jumpa pers di Balikpapan, Kamis (5/2/2015).

PBVSI menggandeng PT Pertamina (Persero) sebagai sponsor utama kompetisi tahunan bola vollie ini. Pemilihan kota Balikpapan dimaksutkan guna memasyarakatkan cabang olahraga bola vollie pada masyarakat Kalimantan.

Hanny berharap event ini mampu merangsang tumbuhnya klub klub maupun atlit atlit baru berasal dari Kaltim. Kompetisi Proliga menjadi salah satu pijakan para atlit agar terpilih dalam seleksi pemain tim nasional Indonesia di kancah internasional.

Animo warga Kaltim, lanjut Hanny sangat positif dalam menyambut kompetisi Proliga ini yang diselenggarakan di DOME Balikpapan. Masyarakat seluruh Kaltim sudah berbondong bondong akan menonton pertandingan bola vollie pada 6 hingga 8 Februari nanti.

Chef de Mission Jakarta Pertamina Energi, Sutrisno mengatakan timnya berada dalam kondisi siap tempur guna mempertahankan gelar musim kompetisi lalu. Tim ini bahkan menargetkan mampu mengkawinkan juara umum putra putri kompetisi final Proliga yang digelar di Yogjakarta.

“Sebagai penyelenggara dan tuan rumah, kami menargetkan bisa memenangkan tim putra dan putri Jakarta Pertamina Energi,” ungkapnya.

Jakarta Pertamina Energi sudah menggeber porsi latihan pemainnya sejak November lalu demi menyambut digulirkannya kompetisi Proliga. Masuknya pemasin asing asal Thailand diprediksi mampu mendongkrak permainan tim ini menghadapi perlawanan rivalnya.

“Kesiapan kami sudah 99 persen di ajang ini,” paparnya.

Optimisme juga digelontorkan tim Jakarta Elektric PLN yang bertekat menyapu penuh poin babak penyisihan putaran pertama Proliga di Balikpapan. Tim ini dijadwalkan menjalani tiga pertandingan penyisihan Balikpapan menghadapi lawan tangguh Jakarta BNI 46, Jakarta PGN Popsivo dan Palembang Sumsel Babel.

“Target kami memperoleh enam poin maksimal di Balikpapan,” kata Manager Jakarta Elektric PLN, Herry Hermawan.

Putaran pertama babak penyisihan selanjutnya akan dilaksanakan di Palembang dan Malang yang disusul putaran kedua babak penyisihan di Gresik, Probolinggo dan Jakarta. Kota Bandung dipercaya sebagai penyelenggara babak semi final Proliga yang diakhiri laga final di Yogjakarta pada pertengahan April mendatang.

Ketua Panitia Tuan Rumah Kompetisi Proliga, Awaluddin Siregar menambahkan terdapat 13 tim putra putri yang hadir dalam babak putaran pertama di Balikpapan. Tim tim tersebut tergabung dalam klub Manokwari Valeria Papua Barat, Jakarta Bank DKI, Jakarta BNI 46, Gresik Petrokimia, Surabaya Samator, Jakarta Popsivo Polwan PGN, Palembang Bank Sumsel Babel, Jakarta Pertamina Energi dan Jakarta Electric PLN.