Polisi, kata Sabar sudah menaruh curiga pada dua mobil tangki Pertamina ini yang pulang pergi mengisi solar subsidi di SPBU MT Haryono Balikpapan. Saat dibuntuti, menurutnya dua mobil tersebut membongkar muatan tangki bahan bakarnya di pol pemberhentian mobil tangki Pertamina.

“Mereka bongkar solarnya kemudian melakuan antrian lagi SPBU Balikpapan,” ungkapnya.

Saat dilakukan penggrebekan, Sabar mengatakan penyidiknya menemukan barang bukti 1,6 ton solar subsidi di pol pemberhentian mobil tangki Pertamina. Polisi menetapkan tiga tersangka yaitu Th (35), Sa (40) dan Ir (40) yang jadi pengemudi mobil tangki tersebut.

Polres Balikpapan sedang mengembangkan proses penyidikan kasusnya dengan memeriksa sejumlah saksi saksi. Salah satu yang jadi saksi pemeriksaan berasal dari PT Pertamina yang mengkontrak perusahaan distributor LPG namun disalah gunakan untuk penimbunan solar.

Kelangkaan solar di Balikpapan sudah masuk tahap mengkhawatirkan dimana antrian kendaraan bermotor mencapai ratusan meter. Kelangkaan BBM jenis premium dan solar sudah terjadi selama enam bulan terakhir. Antrian di kota/kabupaten Kalimantan Timur bahkan bisa terjadi berhari hari. Harga premium eceran bisa melonjak jadi Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu per liternya.

Sudah banyak kecurigaan adanya kendaraan roda yang memodifikasi tangki tampungan solar untuk kepentingan pribadi. Kendaraan tersebut kemudian berulang kali melakukan pengisian solar hingga pasokan SPBU kosong.

Disamping itu, kendaraan yang rata rata adalah truk truk berbadan besar memenuhi hampir seluruh jalan yang padat arus lalu lintasnya. Kondisi ini membuat arus kendaraan bermotor musti melambat untuk menghindari truk truk yang telah berjajar.

Kuota pasokan premium sebesar 1.593.168 KL, solar 845.379 KL dan minyak tanah 510.612 KL. Kuota BBM tersebut harus mencukupi kebutuhan masyarakat Kalimantan selama setahun ini.

Pada 2010 silam, kuota premium Kalimantan Timur sebanyak 468.013 KL dengan rata rata konsumsi setiap bulannya 44.188 KL. Sedangkan kuota solar sebanyak 171.984 KL dengan konsumsi perbulannya 17.959 KL.