Polisi amankan Pasar Kebun SayurNewsBalikpapan –

Kepolisian Sektor Balikpapan Barat Kalimantan Timur memeriksa tiga saksi kebakaran Pasar Kebun Sayur. Mereka adalah para penjaga malam (wakar) Pasar Kebun Sayur yang bertugas saat kejadian kebakaran ini.

“Kami memeriksa tiga saksi dari wakar Pasar Kebun Sayur,” kata Kepala Polsek Balikpapan Barat, Komisaris Polisi Kipli Supu di lokasi kebakaran, Selasa (6/1/2015).

Kipli mengatakan tiga orang ini yang semestinya paling tahu asal muasal peristiwa kebakaran yang akhirnya meludeskan 134 kios pedagang souvenir dan cinderamata. Mereka ini yang juga turut memadamkan kobaran api yang terjadi sejak pukul 05.30 hingga 08.00 Wita.

“Mereka sudah di Polsek Balikpapan Barat dalam pemeriksaan penyidik,” paparnya.

Polisi saat ini, kata Kipli belum memastikan penyebab awal terjadinya kebakaran Pasar Kebun Sayur yang memiliki 343 kios pedagang. Menurutnya perlu ada uji forensic laboratorium Puslabfor Polri guna menentukan titik awal terjadinya kebakaran.

“Perlu penyelidikan uji forensic dahulu untuk menentukan penyebabnya,” paparnya.

Kipli saat ini hanya berupaya mengamankan lokasi kejadian dari warga yang menonton kebakaran Pasar Kebun Sayur. Aktifitas warga Balikpapan dikhawatirkan bisa merusak keberadaan barang bukti kejadian peristiwa kebakaran ini.

Seorang sumber pedagang menyebutkan ada dua sumber titik utama kebakaran Pasar Kebun Sayur yang merembet ke 134 kios pedagang lainnya. Sehubungan itu, dia menduga adanya dugaan unsur kesengajaan terkait terbakarnya pasar yang menjadi ikon wisata  Balikpapan.

“Ada dua titik sumber kebakaran, sebelah barat dan timur,” paparnya.

Sebanyak 135 kios Pasar Kebun Sayur Balikpapan Kalimantan Timur ludes terbakar si jago merah, Selasa (6/1/2015) pukul 05.30 Wita. Pasar Kebun Sayur terkenal sebagai ikon wisata Balikpapan yang memperjual belikan souvenir khas Kalimantan.

Kebakaran ini telah menjadikan arang sebanyak 6 blok area kios Pasar Kebun Sayur yang berada di wilayah Balikpapan Barat. Kios yang terbakar memperdagangkan souvenir, batu batu berharga, baju dan salon dengan nilai total kerugian ditaksir mencapai puluhan miliar rupiah.

Kantor Pemadam Kebakaran Balikpapan menerjunkan sebanyak 14 branwir daerah serta sejumlah branwir bantuan perusahan minyak dan gas setempat. Puluhan personil pemadam Balikpapan ini akhirnya mampu menjinakan kobaran api Pasar Kebun Sayur pada pukul 08.00 Wita.

Pasar Kebun Sayur menjadi ikon cikal bakal berdirinya Kota Balikpapan pada masa 1950 silam. Pasar ini terdapat sebanyak 343 kios yang memperdagangkan berbagai souvenir Kalimantan dan sempat terbakar pada tahun 1974, 1984, 2003 dan terakhir 2008 lalu.