Pesawat Asing Berdatangan di Balikpapan
6 October 2018
Karya Bermakna Difabel di Bontang
9 October 2018

PLN Kaltimra Kirim Mobile Genset ke Palu

NewsBalikpapan –

PT PLN Area Kalimantan Timur dan Utara mengirimkan 2 unit mobile genset  ke lokasi bencana di Sulawesi Tengah. Mobile genset ini berdaya 500 kW untuk membantu pengadaan energi listrik di lokasi pusat bencana di Palu, Donggala dan Sigi.

“Genset ini totalnya berdaya 1 MW dikirimkan ke Palu. Termasuk pula bantuan makanan dan air bersih,” kata Manager Umum PLN Kaltimra, Riza Novianto Gustam, Selasa (9/10/2018).

Riza mengatakan, energi listrik sangat dibutuhkan dalam proses pemulihan pasca bencana. Mobil genset ini, menurutnya, menambah suplay daya listrik yang berangsur pulih di sejumlah titik di Sulteng.

Dalam membantu pengoperasian, PLN Kaltimra memberangkatkan 105 relawan kelistrikan menjadi operator genset. Mereka juga bisa diperbantukan upaya pemulihan jaringan listrik di Sulteng.

“Pegawai yang kami kirim adalah insan kelistrikan yang tersebar di Balikpapan, Samarinda, Bontang dan Berau yang spesialisasinya pada pekerjaan distribusi listrik, pemeliharaan pembangkit dan petugas pemeliharaan dalam keadaan bertegangan,” ungkap Riza.

Kloter relawan pertama diberangkatkan mempergunakan jalur transportasi laut menuju Pelabuhan Mamuju. Kloter kedua diberangkatkan dengan jalur transportasi udara Bandara Sepinggan menuju Palu.

“Relawan pertama saat kondisi bandara belum bisa dpergunakan. Saat kondisi bandara membaik mempergunakan jalur transportasi udara,” ungkapnya.

Riza berharap besarnya jumlah relawan kelistrikan mampu mempercepat pemulihan infrastruktur di Sulteng. Mereka bahkan menjalankan tugasnya dalam batasan waktu belum ditentukan.

“Kami bahu membahu mengirim relawan tidak hanya dari Kaltimra saja, tetapi juga dari unit-unit PLN lainnya. Mereka datang untuk berkumpul di Balikpapan kemudian kami terbangkan menuju Palu dengan pesawat udara,” tuturnya.

Relawan ini nanti akan bergabung dengan relawan lain sudah terlebih dahulu bertugas di lokasi bencana.

Menteri BUMN berikut pimpinan PLN sudah bertolak menuju Palu dari Bandara Sepinggan Balikpapan. Mereka hendak memastikan upaya penormalan listrik berjalan kondusif dan bantuan dapat tersalur dengan baik.

Saat ini, PLN Kaltimra membuka posko Peduli Palu di kantor PLN. Dari posko ini akan terus menghimpun bantuan bahan makanan, air mineral, bahan sandang ke lokasi bencana.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *