Pertamina Sanksi SPBU Nakal
23 September 2014
OCBC NISP Resmikan Syariah di Balikpapan
24 September 2014

Pertamina Pasang CCTV di SPBU Balikpapan

Kilang Pertamina BalikpapanNewsBalikpapan –
PT Pertamina Unit Pemasaran Balikpapan Kaltim meminta pemasangan close circuit television (CCTV) di masing masing SPBU setempat. Kebijakan ini dimaksutkan untuk pengetatan pengawasan terhadap peredaran dan penggunaan solar bersubsidi di Kaltim.

“Untuk memudahkan pengawasan, agar BBM bersubsidi bisa lebih tepat sasaran,” kata Managerr Umum Pertamina Unit Pemasaran Balikpapan, Fariz Aziz, Selasa (23/9).

Fariz mengatakan alat CCTV akan membantu identifikasi kendaraan yang mengkonsumsi BBM subsidi. Petugas juga bisa mengindentifikasi jenis mobil termasuk identitas pengemudinya.

“Seandainya terjadi apa-apa, misalnya petugas dipaksa mengisi melebihi ketentuan, kita akan segera tahu. Selain tahu kejadiannya, juga bisa mendapatkan identitas kendaraan dan bisa pula mengidentifikasi pengemudinya,” papar Aziz.

Peristiwa yang mungkin terjadi di SPBU adalah pembeli memaksa petugas mengisi BBM melebih dari yang ditentukan, seandainya ada pembatasan pembelian. Di Balikpapan, misalnya, truk dibatasi maksimal membeli Rp400.000 solar per hari. Untuk motor yang menggunakan premium, maksimal Rp30.000 per hari.

Lazim pula di Kalimantan Timur atau di Kalimantan secara umum kendaraan yang tidak berhak membeli BBM bersubsidi, seperti mobil atau kendaraan tambang dan perkebunan, turut antre membeli BBM bersubsidi.

Menurut Aziz, berdasarkan penampakan pada CCTV petugas bisa langsung bertindak.
Penggunaan CCTV saling melengkapi dengan pengawalan SPBU oleh anggota polisi dan TNI pada saat tertentu. Petugas yang hadir di depan mesin pompa pengisi BBM akan memastikan semua sesuai aturan yang berlaku.

“CCTV akan sangat membantu karena tidak mungkin petugas hadir terus-menerus mengawal dan mengawasi SPBU,” kata Irjen Pol Ronny F Sompie, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri.

Pertamina bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar pertemuan di Hotel Aston, Balikpapan. Pertemuan itu untuk lebih memantapkan koordinasi peredaran dan penggunaan bahan bakar bersubsidi.

Polisi mendorong masyarakat untuk turut mengawasi peredaran dan penggunaan solar bersubsidi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *