Ini Cafe Jakarta Yang Wajib Dikunjungi
11 October 2018
Jaringan Telkomsel Pulih di Bencana Sulteng
14 October 2018

Pertamina Balikpapan Kirim 20 Ribu Liter Solar ke Palu

NewsBalikpapan –

PT Pertamina Unit Pemasaran (VI) Balikpapan Kalimantan Timur mengirimkan 20 ribu liter solar ke lokasi bencana di Palu Sulawesi Tengah. Pengangkutan BBM ini menggunakan sarana transportasi kapal landing craft tank (LCT) dari Pelabuhan Somber Balikpapan.

“Pengiriman kapal menggunakan kapal LCT dari Balikpapan berlayar langsung ke pelabuhan Palu,” kata Region Manager Communication & CSR Pertamina Kalimantan, Yudi Nugraha, Senin (8/10).

BBM solar ini, kata Yudi, sudah tertampung dalam empat unit truk tangki BBM jenis power take off (PTO). Truk tangki jenis ini mampu mengisi BBM secara langsung ke masing masing kendaraan bermotor.

“Truk tangki kapasitas 5 ribu liter dengan dilengkapi dispenser otomatis. Ada 8 awak mobil mendukung operasional penyaluran BBM,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, Yudi menyebutkan, Pertamina juga mengirimkan 500 tabung LPG ukuran 5,5 kilogram ke lokasi bencana Sulteng. Dua pasokan jenis BBM ini diharapkan mampu mendukung normalisasi ketersediaan energi di lokasi bencana.

 “Waktu tempuhnya sekitar 26 jam dengan jarak 230 mill melintasi Selat Makassar,” ungkapnya.

Mobil tangki dispenser otomatis ini mampu menjangkau beberapa titik remote area di Palu dan Donggala. Sebelumnya mobil tangki PTO ini telah melayani masyarakat di titik padat arus mudik lebaran di Pulah Jawa.

Lebih lanjut, Yudi menjelaskan turut diberangkatkan pula 1 unit truk terbuka guna membantu distribusi bantuan. Keberadaan bantuan ini dalam koordinasi tim Pertamina Peduli yang membuka posko di Sulteng.

“Sudah menjadi komitmen kami untuk mendukung upaya pemulihan bencana ini,” paparnya.

Pertamina Balikpapan sudah kedua kalinya memberangkatkan bantuan logistik lokasi bencana di Sulteng. Sepekan sebelumnya, Pertamina sudah mengirimkan bantuan 12 ribu liter solar dan 250 tabung LPG mempergunakan layanan air truck transportation.

Bukan hanya itu, Pertamina juga memberangkatkan sebanyak 22 relawan operator SPBU dalam agenda sosial ini.

Pertamina, kata Yudi, terus mengoptimalkan semua jalur distribusi guna menjangkau lokasi bencana Sulteng.Balikpapan memang menjadi lokasi terdekat dalam penyaluran berbagai bantuan logistik kelancaran pemulihan pasca bencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *