Izin Tambang Diminta Kembalikan Negara
25 July 2019
Sektor Maritim Masih Jadi Anak Tiri
28 July 2019

Pertahankan Fungsi Pertanian Kukar

NewsTenggarong –

Warga desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu Kutai Kartanegara komitmen untuk mempertahankan lahan pertanian agar tak beralih fungsi, dengan mendukung ditetapkannya Sumber Sari sebagai salah satu Kawasan Perdesaan Agrowisata Bahari oleh Pemkab Kukar.

Pj Kades Sumber Sari Andriansyah mengatakan pihaknya telah mengikuti instruksi Bupati agar memanfaatkan lahan untuk digunakan pemuda bercocok tanam, demikian juga pada lahan milik Pemkab Kukar yang berada di samping Kantor Desa Sumber Sari.

“Sesuai arahan, lahan tersebut kami pakai untuk kegiatan Pemuda Tani bercocok tanam,” ujar Andriansyah saat acara sedekah bumi dan bersih desa di dusun 1 Desa Sumbersari Kecamatan Loa Kulu, pekan lalu yang dihadiri Bupati Kukar Edi Damansyah.

Mewakili masyarakatnya, Andriansyah menyampaikan bahwa kegiatan pertanian Sumber Sari agar tak diganggu oleh apapun apalagi beralih fungsi menjadi lahan tambang.

“Kami beserta warga akan berupaya mempertahankanlahan pertanian supaya tidak beralih fungsi, maka kami mendukung desa kami menjadi Agrowisata Bahari, untuk itu kami mohon Bapak Bupati terus mendukung kami,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Bupati Kukar Edi Damansyah mengapresiasi warga dan pemerintah Desa Sumber Sari yang berkomitmen untuk mempertahankan usaha pertanian.

Terkait aktifitas pertambangan batubara, Edi mengatakan Pemkab Kukar telah membuat Paraturan Daerah (Perda) yang melindungi lahan untuk ketahanan pangan, sehingga sudah ada zonasi lahan pertanian yang dilindungi termasuk Sumber Sari.

Edi mengatakan, sudah tepat apa yang dilakukan pemerintah desa Sumber Sari dengan masyarakat bersatu untuk mempertahankan lahan pertanian.

“Kegiatan pertambangan tak bisa masuk jika warganya tak mau menjual lahannya, itu intinya. Karena jika ada satu dua orang saja yang menjual lahan ke tambang, maka itu menjadi pintu masuk kegiatan pertambangan. Jadi semua harus kompak,” tegasnya.

Selanjutnya, Edi mengatakan pihaknya akan terus memantau desa-desa yang menjadi zona ketahanan pangan, dengan harapan kawasan pertanian seperti di Sumber Sari itu tidak boleh diganggu apalagi beralih fungsi. ADV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *