“Semangat tim lagi tinggi mereka kita harapkan bekerja keras pantang kendur pada laga nanti, Semua lawan juga kita waspadai, kita tahu Persisam tim yang kuat dan penuh dengan banyak pemain bintang. Tapi itu bukan masalah,” ujar Pelatih Persiba Haryadi, Jumat (20/1).

Namun sayangnya, tuan rumah dipastikan tidak diperkuat penyerang muda Sultan Samma. Sedangkan bek asingnya Labudavic pun masih ditunggu perkembangannya sebelum kick off karena sempat menderita cedera dalam laga sebelumnya.

“Sultan masih cidera lengan. Kalau Labudavic masih kita lihat nanti sebelum pertandingan, dia masih cidera dipinggang saat di Palembang,”katanya. Namun Haryadi, tetap optimis timnya raih point jika anak-anaknya bermain konsisten, kerjakeras dengan kerjasama yang apik, bertanggungjawab dan disiplin penuh  selama pertandingan nanti.

 “Kerja keras dan bermain konsisten itu modal utama kita untuk meraih kemenangan,” ucapnya.

Absen playmaker mungil Persisam Eka Ramdani dan bek Srdjan Lopicic, bagi Haryadi bukan suatu celah bagi Persiba untuk begitu mudah meraih kemenangan. Baginya semua pemain Persisam termasuk pemain penggantinya memiliki kemampuan yang sama.

“Kita tidak lihat itu, karena mereka punya penggantinya yang kualitasnya juga bagus. Karena itu semua patut kita waspadai. Mohon doanya semua,” harapnya.

Untuk mengejar kemenangan Hariyadi mengisyarakat akan tampil impresnsif . Pola 3-4-1-2 atau 3-4-3 akan menjadi pilihannya. Dimana dilini depan duet Kenji dan Aldo tetap menjadi pilihan utama didukung Matsunaga yang akan diplot sebagai penyerang lubang.

Di lini tengah akan ditempati Asri Akbar, Achmad Sembiring, Syaiful L, Dwi Joko Prihatin. Sedangkan dilini belakangi  Supryadi, Iqbal Samad,  dan Rahmad Latief akan mengawal I Made Wirawan yang akan menjadi penjaga gawang utama.

Sementara Pelatih Persisam Daniel Rukito mengincar point, berharap kemenangan atas Persib dalam laga sebelumnya akan menjadi modal berharga bagi timnya. Semangat dan hasil ini yang diharapkannya bertuah di stadion Balikpapan.

“Minimal kita raih satu point. Semua tim pasti ingin kemenangan, soal menang kalah itu biasa dalam sepakbola,” ujarnya sebelum latihan di stadion Balikpapan.

Target itu kata Daniel, cukup realistis mengingat Persisam dalam lawatannya ke Kota Balikpapan tidak akan tampil lengkap karena empat pilar utamanya kemungkinan absen karena kartu merah dan masih dibekap cidera.

“M Roby, Ronald Fagundez, Eka Ramdani dan Srdjan Lopicic mereka tidak bias tampil. Tapi ngak ada masalah karena ada penggantinya,” ucap Daniel.

Pelatih yang pernah menukangi Persiba selama dua musim ini juga tidak ingin menganggap enteng lawannya meski ia mengenal baik luar dan dalam Persiba. “Samalah, kita bermain maksimal saja. Kita tidak lihat itu sebagai keuntungan bagi kami tapi ini harus dijawab di lapangan nanti,” tuturnya.

Dalam latihan kemarin di lapangan Persiba, tampak Ronald Fagundez hanya latihan ringan dipinggir lapangan didampingi asisten pelatih lainya. Sedangkan M Roby sudah ikut latihan bersama timnya meski tidak terlalu memaksakan dalam latihan. Adapun Eka Ramdani tidak disertakan dalam lawatan karena terkena kartu merah begitupula Sardjan Lopicic yang masih dibelut cidera juga tidak tampak.

Soal formasi tim, kemungkinan Daniel akan tetap menurunkan tiga striker utamanya. Christian Ginzales dan Jerry Boima Karpeh akan menjadi duet dilini depan. Sedangkan Yongky Ariwibowo kemungkinan akan digeser ke posisi sayap.

Dilini tengah akan ditempati Akbar Rasyid, Fandi Mochtar dan Arifki Eka Putra jika memang Ronald Fagundez absen. Sedangkan dilini belakang Luc Owana, Djayusman, Supriyono dan Isdiantono akan menjadi kwartet yang mengawal kiper Usman.