Pemain PersibaNewsBalikpapan –

Persiba Balikpapan menargetkan minimal mampu lolos babak grup Piada Presiden pada 30 Agustus nanti. Tim ‘Beruang Madu’ enggan hanya sekedar jadi pemanis dalam turnamen pertama pasca dibekukannya kompetisi Liga Super Indonesia.

“Kami target lolos dari grup dahulu di turnamen ini,” kata Pelatih Persiba, Eduard Tjong, Selasa (18/8).

Eduard mengatakan lolos babak grup menjadi target pribadi para pemain dan tim pelatih Persiba. Tim ini memang sangat minim persiapannya menyambut turnamen digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Kami datang dengan kondisi situasi apapun, tapi harus siap. Paling tidak kita lolos dulu,” ujarnya.

Eduard mengakui bukan pekerjaan mudah lolos dalam penyisihan babak grup Piala Presiden. Persiba tergabung dalam Grup A bersama Persib Bandung, Persebaya Surabaya dan Martapura FC.

Langkah awal, Eduard berambisi meraih enam poin dengan mengkandaskan lawan paling lemah yakni Persebaya dan Martapura. Lawan dua tim ini, menurutnya haram hukumnya hasil imbang apalagi kalah melawan keduanya.

“Tapi kalau Persebaya sama Martapura FC itu lain, apalagi sama Martapura kita tidak boleh seri apalagi kalah,” kata pelatih yang akrab disapa Edu itu.

Pemain Persiba harus berjuang extra dan bermain ngotot untuk meraih poin maksimal lawan Persebaya dan Martapura. Pasalnya, Persiba diprediksi akan kesulitan melawan tim tuan rumah, Persib.

“Lawan Persib dan Persebaya, kami sedikit bertahan. Saat melawan Martapura, kami akan tampil normal untuk meraih kemenangan,” tuturnya.

Persiba hanya punya waktu beberapa hari mempersiapkan timnya menghadapi tim tim tangguh ini. Eduard mempersiapkan program latihan khusus untuk mengejar ketertinggalan stamina dan kerjasama tim dalam mengejar kondisi ideal jelang pertandingan.