Dengan adanya Esteban, Jamal menyebutkan pelatih Persiba punya kesempatan mendorong Matsunaga sebagai penyerang lubang tim ‘Beruang Madu’. Matsunaga bisa membantu duet Aldo Baretto dan Kenji Adachihara dalam membongkar barisan pertahanan lawan.

Disamping itu, Jamal menilai permainan Matsunaga sudah memberikan kontribusi cukup maksimal pada Persiba. Dalam berbagai penampilannya, menurutnya Matsunaga mampu menjalankan strategi sedang diterapkan tim pelatih Persiba.

Gelandang Esteban Javier Guillen Tejera sudah bisa diturunkan saat Persiba melakoni laga tandang melawan Pelita Jaya Karawang pada 11 April nanti. Pemain ini akan berposisi di sector tengah bersama Matsunaga Shohei dan Sultan Samma.

Esteban Javier akan memperkuat sector tengah Persiba yang dianggap jadi salah satu titik kelemahan perlu pembenahan. Esteban Javier sudah berada di Balikpapan dan mulai berlatih bersama rekan rekan setimnya.

Esteban Javier hengkang dari tim Arema Indonesia versi Liga Primer Indonesia. Permasalahan internal di tubuh Arema Indonesia menjadi alasan utama kepergian Esteban Javier.

Persiba sejak lama sudah menginginkan pemain sector tengah yang kualitasnya setara dengan Robertino Pugliara. Tipe pemain seperti ini sepenuhnya mampu dijawab bintang asal Uruguay itu.

Pihak manajemen Persiba dan Esteban sudah mencapai kata sepakat nilai kontrak selama memprkuat Persiba. Artinya Esteban akan menjadi bagian dari Persiba dan siap bergabung bersama Aldo Barreto dkk.

Kualitas Esteban memang tida diragukan, pemain jangkung tersebut tersebut pernah mengantarkan Arema Indonesia pada kompetisi kasta tertinggi tanah air Indonesia Super League (ISL) 2009/2010 dan menjadi runner up ISL musim 2010-2011.

Persiba sendiri sedang melakukan evaluasi menyeluruh sehubungan permainan tim usai kalah dari Persiram Raja Empat lewat skor 1 – 0. Ada sekitar dua hingga tiga pemain yang dipastikan dilepas pada putaran kedua kompetisi.