Beruang Madu menambah golnya menit ke 27 melalui tendangan kaki kanan Aldo dari dalam kotak pinalti, setelah pemain asal Uruguay ini memanfaatkan umpan Kenji. Namun keunggulan tersebut tidak berlangsung lama. Karena Pesut Mahakam berhasil menyamakan kedudukan melalui dua gol yang diciptakan Jerry.

Gol pertama Jerry diciptakan menit ke 39, memanfaatkan kemelut didalam kotak pinalti tuan rumah. Kemudian dua menit berselang menit ke 41, striker asal Australia itu kembali menunjukkan ketajamannya setelah memanfaatkan bola rebound hasil tandukkan Christian Gonzales yang hanya membentur tiang gawang. Hingga turun minum skor tak berubah.

Dibabak kedua, kedua tim tampil saling menyerang untuk menambah gol dan mengejar kemenangan. Sejumlah peluang pun sempat tercipta, namun selalu gagal dimaksimalkan. Ketatnya pertahanan dan cemerlangnya penampilan kiper Persiba I Made Wirawan dan Persisam Usman Pribadi membuat kedua tim belum mampu mencetak gol.

Menjelang akhir babak kedua, kedua pelatih melakukan pergantian pemain untuk menambah daya gedor dan penyegaran didalam tim. Daniel Roekito menarik gelandang Arifky Arif Putra, digantikan Fandy Mochtar. Kemudian pelatih Persiba Hariyadi menarik sayap kanan Dwi Joko dan memasukkan Herry Susilo.

Empat menit menjelang bubaran, Matsunaga membuat stadion Persiba bergemuruh. Pemain asal Jepang itu mencetak gol menit ke 86 melalui kaki kiri memanfaatkan umpan Aldo. Gol tersebut sempat diprotes para pemain Persisam karena Matsunaga terlihat off side saat menerima umpan. Namun wasit Setiono yang memimpin pertandingan tak bergeming dan tetap mensahkan gol tersebut.

Persisam yang mencoba mengejar ketertinggalan disisa waktu, namun tak mampu menyamakan skor karena waktu yang sempit. Apalagi Hariyadi kembali memasukkan stopper Labudovic untuk menambah kekuatan pertahanan. Hingga wasit meniup peluit babak kedua berakhir skor tak berubah dan Persiba mampu meraih kemenangan.