persiba3Balikpapan –

Persiba Balikpapan membidik rekrutmen tiga pemain asing memasuki putaran kedua musim kompetisi Liga Super Indonesia. Saat ini tim berjuluk Beruang Madu itu menempati peringkat 10 klasemen sementara.

“Tentu hasil evaluasi putaran pertama dipastikan ada beberapa pemain yang dicoret, karena tidak memiliki kontribusi bagi tim, kita juga berbenah menambah pemain hadapi putaran kedua,” kata Pelatih Persiba Balikpapan Heri Kiswanto.

Beberapa pemain yang dicoret yakni mereka yang selalu menghuni bangku cadangan, termasuk ada pemain asing yang juga minim kontribusi. “Saya sudah memnyampaikan kepada pengurus pemain-pemain itu (dicoret),” ujarnya.

Persiba memang harus secepatnya berbenah mengingat pada 11 Mei mendatang, sudah harus melakukan laga away ke kandang Persija Jakarta, kemudian terbang ke Pekanbaru menghadapi tuan rumah PSPS. Pemain local yang terdepak diantaranya, Hary Prayogi Irvin Museng, Angi Indra, Gangga Mudana dan Arief Kurniawan.

“Persiapan kita memang mepet, sebelum putaran kedua bergulir, karena kita akan menjalani laga tandang,  ada beberapa posisi yang kita butuhkan untuk menghadapi putaran kedua, pemain local yang kalah bersaing sudah kita coret, kita juga butuh tambahan pemain asing,” terangnya.

Pasalnya, mantan libero timnas itu menegaskan, dua pemain asing sudah dilepas karena kontribusinya kurang dan terlibat skandal, diantaranya gelandang asal Kroasia Luka Savic dan striker asal Lebanon Mahmoud El Ali. Luka Savic dilepas, karena kerap cidera hingga jarang dimainkan.

“Kalau Ali kan dia terlibat skandal dan sudah diumumkan FIFA dihukum tidak boleh main. Ada juga satu pemain yang sudah terlebih dulu kita lepas sebelum putaran pertama berakhir, seperti  Precious Emuejeraye penampilannya menurun kalah sama pemain lokal,” imbuhnya.

Saat ini kata dia, sudah ada beberapa pemain asing dan local yang mengikuti seleksi di Persiba. Hanya saja Herry menyatakan, masih mau melihat perkembangan para pemain yang sedang mengikuti seleksi tersebut.

“Nanti kita akan umumkan, tapi kita juga masih menunggu pemain lain yang katanya akan bergabung juga mengikuti seleksi,” bebernya.

Sejauh ini sudah ada beberapa nama yang juga masuk incaran Persiba diantaranya Franck Edouard Bezi asal Pantai Gading. Pemain berkulit hitam tersebut, diharapkan bisa menganggti peran Precious dilini belakang. Sedangkan untuk pengganti Luka Savic disebut-sebut Alain N’Kong.

“Mereka punya kualitas yang bagus tapi kan kita tidak bisa deal, sebelum lihat langsung penampilannya, karena kita juga butuh satu pemain asia, yang mengantikan Ali untuk lini depan, tapi sekali lagi semua harus melalui seleksi,” pungkasnya.