Persiba BalikpapanBalikpapan –

Persiba Balikpapan sukses membekuk tamunya Persiwa Wamena skor 3 – 0 dalam lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Parikesit, Rabu (26/6). Keunggulan tim berjuluk ‘Beruang Madu’ dilesakan Johan Yoga Utama menit 28 serta Patrice Nzeko menit 76 dan 90.

Sejak menit babak pertama ditiup, Persiba sudah berusaha bermain menekan barisan pertahanan lawan hingga penyerang muda, Johan Yoga Utama mampu memanfaatkan kemelut dimuka gawang Persiwa. Keunggulan sementara tidak lantas mengendorkan semangat juang tim tuan rumah dalam memetik poin maksimal dihadapan pendukungnya sendiri.

Sehingga selama pertandingan babak pertama maupun kedua, Persiba terus mengurung barisan pertahanan Persiwa yang dikawal Mario Reyaan. Sejumlah pelanggaran di kotak terlarang membuat wasit pertandingan akhirnya dua kali menunjuk titik putih yang bisa diselesaikan dengan dingin oleh Patrice Nzeko.

Pelatih Persiwa, Mahmudiana mengatakan meskipun kalah dalam pertandingan ini timnya menemukan semangat juang yang selama ini hilang. Menghadapi tim tamu yang agresif, menurutnya tim mampu bermain lepas sehingga menyulitkan barisan pertahanan lawan.

“Kami mampu bermain lepas melawan Persiba, tim ini menemukan sesuatu,” ujarnya. Pada pertandingan sebelumnya Persiwa memang kalah telak 6 – 0 saat bertandang melawan Barito Putra di Banjarmasin.

Pelatih Persiba, Herry Kiswanto mengatakan timnya sudah bermain maksimal sehingga mampu menyarangkan tiga gol ke gawang lawan. Dalam pertandingan kedepannya, ia mengaku akan memaksimal stok pemain yang ada agar mampu bertahan dalam kompetisi paling bergengsi di negeri ini.

“Ada sejumlah peluang yang gagal dimaksimalkan, namun pintu transfer sudah ditutup sehingga kita maksimalkan saja pemain yang ada,” tuturnya.

Persiba masih tertahan di peringkat 11 klansemen Liga Super Indonesia lewat pengumpulan 29 poin dari 26 laga. Adapun Persiwa makin dalam berada di zona merah peringkat 16 dengan mengumpulkan 24 poin dari 27 laga.