Antrian truk truk solar di SPBU Balikpapan

Antrian truk truk solar di SPBU Balikpapan

Balikpapan –

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menjanjikan akan memberikan bonus bagi sekitar 1.000 pasukan kuning (penyapu jalan), sebagai ucapan terima kasih atas keberhasilan Balikpapan meraih Penghargaan Adipura Kencana kategori Kota Besar yang diserahkan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Senin (10/6).

“Iya mereka (pasukan kuning) akan mendapat insentif atau bonus sekitar Rp 1.200.000 itu tanda ucapan penghargaan dari Pemkot, bagi mereka karena mereka terlibat langsung dalam menjaga kebersihan kota, peran mereka cukup besar,” kata kabag Humas Pemkot Balikpapan Sudirman Djayaleksana.

Menurut Sudirman, rencananya bonus tersebut, akan diserahkan dalam minggu-minggu ini melalui Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Balikpapan. “Segera akan cair, mungkin minggu-minggu ini sudah pasti cair, jadi memang sudah disiapkan, untuk bonus mereka, karena mereka yang terlibat langsung,” imbuhnya.

Sementara menyangkut status pegawai, Sudirmanmenjelaskan, berdasarkan kontrak para penyapu jalan tersebut, dikontrak setiap tahun.  “Mereka itu bekerja sesuai perjanjian, itu dikontrak tiap tahun ada SPK (Surat Perintah Kerja). Jadi mereka ada perjanjian dan kontrak dengan DKPP, setiap tahun,” imbuhnya.

Kontrak tersebut lanjutnya, bisa saja tidak diperpanjang Pemekot, jika dianggap kinerjanya mereka tidak bagus.  “Tahun depan jika dianggap layak dan bagus diperpanjang, tiap awal tahun mereka dikontrak hingga setahun. Tapi kalau dianggap kerjanya tidak bagus , mungkiin tidak bagus yang tidak diperpanjang misalnya nakal-nakal,” tuturnya.

Pemkot Balikpapan sendiri telah menyiapkan pesta penyambutan Adipura Kencana  tersebut. Karena selain Adipura Kencana, Balikpapan juga meraih Kalpataru, Wahana Tata Nugraha (WTN), Adiwiyata Mandiri,  Piala Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan HATINYA PKK. Sebelum dibawa menuju Kantor Wali Kota,penghargaan-penghargaan tersebut diarak sepanjang jalan utamaSudirman.

“Ada sekitar 300 moto, dari klub motor dan IMBI, akan ada sepeda ontel, maupun sepeda Camat dan Lurah, sepeda roda tiga dari DKPP, untuk pagar betisnya ada sekitar 1.000 yang akan dilibatkan diantaranya pasukan kuning, pasukan hijau  atau pasukan taman dan pasukan pemakanan dari DKPP, termasuk pasukkan Cleaning servis dari Dinas Pasar,” ujarnya.

Penghargaan tersebut, akan diserahkan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi didampingi Wakil Wal Kota Heru Bambang dan sejumlah SKPD. “Nanti dari Wali Kota diserahkan kepada Ketua DPRD Andi Buranuddin Solong, nanti untuk Adipura Kencana Wali Kota didampingi Wawali, Kepala DKPP dan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) di kantor Wali Kota,” imbuhnya.

Disaat bersamaa juga Pemkot Balikpapan juga akan menyerahkan, beberapa bantuan sosial (bansos), bagi  Lurah terbaik, nilai tertinggi ujian nasional (UN) dari SD hingga SMA.