Warga Kaltim Kampanye Lepas Dolar
29 August 2013
Moratorium Reklame Iklan Balikpapan
2 September 2013

Pengelolaan Limbah Bisnis Makanan di Balikpapan

ketel makananBalikpapan –

Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur meminta usaha restoran menyiapkan instalasi pengelolaan air limbah buangnya. Alat grease trap atau pengelolaan limbah skala kecil bisa jadi alternative penanganan limbah restoran dan rumah makan.

“Grease trap ini merupakan alat pengolahan limbah dalam skala kecil yang melakukan filter penyaringan limbah bekas makanan dan minuman,” kata Sekretaris Badan Lingkungan Hidup Pemkot Balikpapan, Panti Suhartono, Jumat  (30/8).

Suhartono mengatakan kini terdapat 32 restoran/jasa caterting yang sudah memanfaatkan instalasi pengelolaan limbahnya. Sisanya, katanya masih puluhan yang belum memperhatikan ketentuan kota ini.

BLH bersama tim terkait masih melakukan proses inventarisasi rumah makan dan restoran termasuk pengusaha catering yang belum memiliki pengolahan limbah. Pemkot Balikpapan akan mencantumkan aturan pengelolaan limbah dalam pengurusan izin usaha restoran, rumah makan dan jasa catering.

Kabag Humas dan Protokol Pemkot Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengatakan limbah restoran menganggu lingkungan sekitarnya. Masyarakat cenderung mengeluhkan bau yang mengendap dari sistim drainase pembuangan limbah usaha restoran dan catering.

Inventarisasi restoran dan catering, kata Sudirman akan dilaksanakan hingga bulan September mendatang. Selanjutnya proses teguran hingga tindakan tegas diberikan pada pengusaha yang tidak juga mengindahkan soal aturan pengelolaan limbah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *