Namun kata Fadly, jika ada instruksi dari Menteri Pendidikkan dan Gubernur Kaltim agar membuka PSB pada tahun ini, Pemkot Balikpapan kata Fadly ,tidak masalah dan siap melaksanakan.

“Ya silakan saja. Kalau tahun depan ya silakan juga. Dari diskusi dengan pak Sulistio ketua Tim persiapan ITK dari ITS (Institut Tekhnologi Surabaya)  kalau lebih nyaman dan siap semuanya  itu lebih pas kalau dilakukan di 2013,” terangnya.

Apalagi lanjut Fadly, lokasi sementara kampus ITK hingga kini juga belum ada. Namun bisa saja kampus sementara berbagi dengan Poliktekhnik Balikpapan Poltekba “ini altenatif-alternatif kalaupun misalnya nantinya 2012 ini ada intruksi harus dilakukan penerimaan siswa ITK ,” katanya.

Ia menjelaskan, banyak faktor yang harus dilakukan untuk PSB yakni program sosialisasi, mempersiapkan segala persyaratan  administarasi, termasuktempat-tempat kuliahnya. “ Kalau sekarang mungkin saja tapi akan ada hal-hal yang sifatanya darurat. Kalau tahun depan akan lebih siap,” ucapnya.

Pemkot Balikpapan tambah Sayid, selain mempersiapkan lahan juga mempermudah proses perijinan IMB bangunan dan gedung. “Kalau persyaratan Administrasi ITK ya dari Dirjen Dikti yang siapkan melalui oleh ITS  yang diberi mandata oleh KEmendiknas. Kita dan Pemprov siapkan lahan dan jalan masuknya,” tandasnya.

Rencana pembangunan Institut Tekhnologi Kalimantan (ITK) diatas lahan seluas 200 hektar dipastikan akan segera terealisasi. Tidak tanggung-tanggung pembangunan ITK yang rencananya dilokasi Kilometer 13 Balikpapan Utara itu akan menelan biaya mencapai Rp2,8 trilun.