Untuk membiayai itu kata Suryanto, pemkot tidak mungkin mampu melakukannya karena itu dalam proposal bantuan akan dibuat dua yakni untuk pembangunan stadionnya saja dan untuk proposal secara keseluruhan.

“ Untuk pembangunan stadion saja kita lihat besaran anggaran sekitar Rp400-500 miliar, kalau total seluruhannya kan Rp1 trilyun lebih. Nah tahun 2013 misalnya bisa kita pakai lah lapangan tapi belum sempurna mungkin baru tribun terbuka dan pagar serta lapangan,” katanya.

Komposisi pembiayaan anggaran kata Suryanto dapat diminta dari Pusat dan Pronvinsi  serta Balikpapan yakni porsi 90 persen dari provinsi dan Pusat dan sedangkan APBD kota sebesar 10 persen.

“Nanti Juni kita mulai masukan ke provinsi prosalnya kita berharaplah kalau bisa APBD P 2012 itu bisa bantua Rp100-200 miliar biar bisa berlanjut pembangunan stadioan. Nanti selanjutkannya kita ajukan Ke Kementerian terkait,” ujar Suryanto.

Membengkaknya anggaran pembangunan Stadion Balikpapan yang awalnya diperkirakan Rp300 miliar kini menjadi Rp500 miliar dikarenakan banyak faktor. “ Hitungan teknis awal seperti itu, sekarang membengkak karena pertimbangan harga, inflasi. Termasuk daya tamping dari 30 ribu penonton menjadi 40 ribu penonton,”terangnya.

Seperti diketahui pembangunan stadion Balikpapan nantinya dilengkapi oleh kompleks lapangan latihan, masjid, areal parkir, boulevard  jalan masuk, asrama atlet, ruang serba guna yang akan berdiri diatas lahan 30 hektar. Keseluruhan ini akan menelan anggaran Rp732 miliar namun hal itu meleset  hingga Rp1 trilyun.

Pembangunan stadion dimulai dilakukan pada 2010 lalu dengan anggaran Rp74 miliar yang digunakan untuk pematangan lahan, pembangunan struktur stadion tribun barat termasuk tribun barat. Sementara pada 2012 in, pemkot kembali mengalokasikan dana Rp28,8 miliar (Balikpapan) dan Rp5 miliar (Kaltim).

Pencarian Populer:

pembangunan stadion balikpapan