Kilang kilangNewsBalikpapan –

PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan produk BBM pertalite di Balikpapan Kalimantan Timur pada 7 September mendatang. Balikpapan menjadi kota pertama di luar Pulau Jawa yang menjadi lokasi distribusi produk pertalite yang memiliki nilai oktan 90 dan RON 92.

“Kualitasnya diatas premium dan berada dibawah pertamax,” kata Kepala Humas PT Pertamina Unit Pemasaran VI Balikpapan, Andar Titi Lestari, Senin (24/8).

Andar mengatakan Kota Balikpapan dinilai memiliki sarana prasarana SPBU memadai dalam peluncuran pertalite ini. Pertamina mempersiapkan 10 SPBU corporate own corporate operate (CICO) di Balikpapan dan Samarinda guna melayani penjualan produk pertalite di Kaltim.

“SPBU ini sudah siap untuk melayani penjualan pertalite. Ada beberapa modifikasi teknis SPBU seperti tangki penampungan hingga nozel pertalite,” paparnya.

Pertamina sudah memperkenalkan produk baru ini pada masyarakat Jakarta, Surabaya dan Semarang / Yogjakarta. Balikpapan menjadi kota ke empat di Indonesia yang resmi mempergunakan pertalite.

“Selanjutnya akan disusul dengan Banjarmasin sebagai kota selanjutnya yang mempergunakan pertalite,” ungkapnya.

Pertamina Balikpapan, kata Andar sedang gencar mensosialisasikan nilai positif produk pertalite pada masyarakat. Dia mengandeng pengguna otomotif seperti bengkel hingga komunitas perkumpulan motor roda dua dan empat.

Pertamina juga berniat menggali testimony pengguna otomotif soal perbandingan kualitas premium dan pertalite. Menurutnya testimony ini guna menunjukan kualitas sebenarnya pertalite yang disebut sebut memiliki keunggulan dalam perawatan mesin kendaraan bermotor.