Kapal Memuat Gas Meledak di Samarinda
7 February 2019
Serial Komedi Unscripted Man Tayang di MAXstream
15 February 2019

Pelatihan Sustainability Reporting Diikuti 20 Jurnalis Kaltim-Kalsel

NewsBalikpapan –

Pelatihan “Storytelling For Creating Public Demand For Corporate Accountability Through Sustainability Reporting”, yang digagas oleh Sekolah Jurnalisme AJI (SJAJI) bekerjasama dengan Global Reporting Initiative (GRI) di Balikpapan diikuti 20 jurnalis.

Pelatihan yang digelar di Hotel Le Grandeur pada 8- 9 Februari 2019 itu, menghadirkan dua mentor, yakni Sunudyantoro dan Feby Siahaan. Tampak pula Lany Harijanti, Country Program Manager GRI.

Selama dua hari, para jurnalis mendapatkan materi dan berbagi pengalaman, dalam menulis tentang praktik laporan berkelanjutan perusahaan, terutama dalam isu sosial,lingkungan dan ekonomi.

Sebelumnya, pelatihan serupa digelar di Gorontalo, Bandung dan terakhir di Balikpapan. Pemilihan tiga kota tersebut berdasarkan potensi isu lingkungan di daerah itu.

“Pelatihan ini memberi pemahaman dan kesempatan bagi jurnalis untuk menggunakan laporan berkelanjutan (sustainable report) dan informasi lainnya dari perusahaan sebagai bahan liputan yang lebih mendalam,” kata Rochimawati dari Sekolah Jurnalisme AJI.

Menurutnya, nilai tambah lainnya dari kegiatan ini adalah jurnalisme naratif, dengan mengunakan metode radio Netherlands Training Centre.

Jurnalisme naratif merupakan bentuk mumpuni untuk melaporkan, karena akan memberi dampak bagi para pembaca ataupun pendengar.

Ketua AJI Kota Balikpapan Devi Alamsyah mengatakan, pelatihan dengan fokus tersebut belum pernah sebelumnya digelar di Balikpapan.

“Saatnya jurnalis di daerah meningkatkan kapasitasnya dalam berbagai isu, agar liputan yang dihasilkan beragam dan mendalam,” ujarnya.

Kendati lokasinya di Balikpapan, tapi menurut Devi, peserta pelatihan terdiri dari berbagai daerah di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara(Kaltara). “Kebetulan anggota AJI Balikpapan dari berbagai daerah; Samarinda, Bontang hingga Kalsel dan Kaltara”.

Peserta yang mengikuti workshop, antara lain dari Kaltim Post, Prokal.Co, Bisnis Indonesia, Tempo, Kaltimkece.id, TV One, Gerbang Kaltim, Tribun Kaltim, Discover Borneo, Antara, TV Beruang, Radio KBR, inibalikpapan, Cahaya Kaltim.

Ke-20 peserta itu telah mendaftar dan melewati proses seleksi SJAJI, dengan usulan liputan sesuai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *