Byar Pet Listrik, Warga Tarakan Rusak Mobil Pemda
6 March 2013
Kawasan Industri Kariangau
9 March 2013

Pelabuhan Peti Kemas Terbesar di Indonesia Timur

Pelabuan KariangauBalikpapan –

Pembangunan Pelabuhan Peti Kemas Balikpapan Kalimantan Timur diproyeksikan tuntas pada akhir tahun ini bersamaan waktunya Kawasan Industri Kariangau. Pelabuhan terbesar se Indonesia Timur ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian secara keseluruhan.

Pembangunan Pelabuhan Peti Kemas ini dilaksanakan PT Pelindo Kalimantan Timur dan pemerintah pusat dengan total anggaran sebesar Rp 500 miliar. Balikpapan menghibahkan 40 hektare lahan sebagai lokas fisik pelabuhan peti kemas.

Pembangunan pelabuhan sudah dimulai sejak 2009 silam berkonsep pelabuhan peti kemas internasional di Kalimantan. Keberadaanya untuk menggantikan peran Pelabuhan Semayang Balikpapan yang sudah over muatan.

Keberadaan pelabuhan peti kemas menunjang keberadaan kawasan industry Kariangau Balikpapan yang dalam proses penyelesaian. Pelabuhan diharapkan selesai pada bulan Juni nanti seperti halnya kawasan industry Kariangau.

Balikpapan sudah membentuk Badan Pengelola Kawasan Industri Kariangau yang dipimpin bekas Wali Kota Balikpapan, Imdaad Hamid. Badan pengelola diharapkan bisa menjawab tuntutan dari percepatan perkembangan kawasan industri kariangau pasca beroperasinya pelabuhan dan pembangkit listrik.

KIK memang letaknya yang sangat strategis yakni interkoneksi infrastruktur, yang menghubungkan ke Jalan Lintas Kalimantan, Jalan Tol, Bandara Sepinggan sehingga mobilisasi barang-barang industri dapat didistribusi ke seluruh daerah tujuan.

2 Comments

  1. […] jasa peti kemas Pelabuhan Kariangau sudah terjadi sejak awal tahun 2015 hingga saat ini. Jasa peti kemas Pelabuhan Kariangau melayani […]

  2. […] jasa peti kemas Pelabuhan Kariangau sudah terjadi sejak awal tahun 2015 hingga saat ini. Jasa peti kemas Pelabuhan Kariangau melayani […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *