ABS5BALIKPAPAN- DPRD bersama pemkot Balikpapan, Kaltim  akan konsisten dalam pencegahan narkoba dilingkungan pejabat baik anggota dprd maupun  aparatur pemerintahan.

Komitmen dan konsisten ini dituangkan dalam bentuk melanjutkan kembali  tes narkoba melalui rambut yang pertengahan tahun 2012 lalu sudah dilakukan.

Ketua DPRD Kota Andi Burhanuddin Solong menegaskan pihaknya akan melanjutkan kembali tes narkoba kepada jajaranya dan pejabat pemkot pada tahun 2013 mendatang.

” Kita akan buat rutin tiap tahunya. Untuk tes rambut semua anggota kita tes. Pejabat  esselon 2,  3 dan 4 juga kita lakukan,” tegasnya, Senin kemarin.

Andi yang akrab disapa ABS ini menyatakan tes rutin ini perlu dilakukan sebagai upaya pencegahan dan memeriksa kembali anggotanya sehingga tidak ada yang berani mencoba perbuatan melawan hukum.

” Karena bisa saja  sudah pernah diambil. Dianggap negatif terus anu lagi. Nah   ini kita lakukan lagi supaya jangan coba-coba mereka gunakan narkoba ini,” tandas politisi Golkar ini.

Untuk pelaksanaan program tes narkoba melalui rambut ini, telah dialokasikan dana Rp1,5miliar. ” Dana dialokasikan di BNN kota,” kata ABS.

Seperti diketahui, pada pertengahan tahun 2012, telah dilakukan tes narkoba melalui rambut bagi 44 angota DPRD Balikpapan dan puluhan pejabat pemkot. Hasilnya semua dinyatakan positif. ” Ini pemeriksaan pertama di Indonesia yang dilakukan bagi pejabat. Hasilnya Alhamdulillah semua negatif,” tandasnya.