Persiba Dipecundangi PSMS 1-4
6 February 2012
Balikpapan Berikan Pelayanan Serba 115 Saat HUT Kota
7 February 2012

PDAM Balikpapan Berencana Pinjam Rp100 miliar

Balikpapan –

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Manggar Kota Balikpapan membutuhkan dana sebasar Rp100 miliar untuk membangun dua instalasi di kilometer 12 dan waduk Teritif. Dana tersebut juga untuk mengurangi daftar antrian pemasangan yang mencapai 4.000 pengajuan.

Rencananya dana pinjaman itu akan melalui BNI, setalah mendapat rekomendasi dari Kementeria Keuangan untuk dapat melakukan pinjaman karena memiliki nilai pengembalian modal yang cukup tinggi.

“Rencananya pinjaman itu akan melalui BNI. Memang belum diajukan secara resmi tetapi sudah ada pembicaraan secara lisan sebelumnya,” kata Direktur Utama PDAM Kota Balikpapan M. Saufan, Selasa (7/2).

Namun, kepastian untuk melakukan pinjaman itu baru bisa dilakukan pada tahun ini seiring adanya rencana penambahan jangkauan jaringan serta kapasitas debit air pada sumur pompa PDAM. Tapi sudah lama dirundingkan dalam internal PDAM.

Menurut saufan, perluasan jaringan diharapkan bisa mengurangi daftar antrian pemasangan. Apabila daftar antrian itu sesuai dengan persyaratan PDAM, pihaknya akan segera memasang instalasi jaringan air di rumah pelanggan.

Saufan mengungkapkan ada beberapa pengajuan yang kondisi di lapangan tidak memnuhi persyaratan untuk bisa langsung pasang. “Seperti jauh dari jaringan pipa induk, berada di daerah kritis atau merupakan kawasan yang memang tidak diperuntukkan untuk bangunan rumah,” tegasnya.

Kondisi itu menjadikan daftar antrian yang ada memerlukan waktu untuk bisa diselesaikan. Hal ini karena pihaknya juga harus menyesuaikan dengan peruntukan lahan yang berada dalam pengawasan Dinas Tata Kota dan Permukiman.

Sementara itu, Humas PDAM Balikpapan Gazali Rakhman mengatakan pihaknya berencana untuk melakukan kerja sama dengan pengembang perumahan untuk menekan daftar antrian pemasangan baru. “Mekanismenya pengembang yang membangun jaringan ke rumah sementara kami hanya menyambung dari pipa induk saja,” ujarnya.

Pengembang perumahan yang banyak masuk ke Balikpapan, seperti di kawasan Balikpapan Utara dan Balikpapan Timur, sudah mulai menjajaki peluang tersebut. Gazali berpendapat kerja sama semacam itu akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak yang bekerja sama.

Gazali menambahkan pihaknya sudah berupaya untuk meningkatkan kualitas air yang didistribusikan menuju pelanggan. “Kami sudah menerapkan standar pemipaan pada instalasi baru menggunakan standar air layak minum,” ujarnya.

Kendati masih memerlukan waktu yang lama, persiapan sejak dini perlu untuk dilakukan untuk bisa memproduksi air minum pada pelanggan. Gazali menuturkan target PDAM Trta Manggar ke depan adaah memproduksi air minum sehingga tidak lagi hanya menyalurkan air bersih yang layak minum bagi pelanggan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *