Buku JalankuNewsBalikpapan –
Partai Patriot merombak susunan wakilnya yang duduk di DPRD Balikpapan Kalimantan Timur. Paripurna istimewa pelantikan tiga anggota legeslatif ini dilaksanakan, Kamis (2/1) pukul 10.00 Wita.
“Hari ini akan dilantik,” kata Ketua DPRD Balikpapan, Andi Burhanuddin Solong.
Pergantian antar waktu ini anggota legeslatif periode 2009 – 2014 jadi permintaan Patriot Balikpapan. Mereka tersebut yaitu Hendro Nugroho, Eddy Sunardi dan Fitriati yang digantikan Roosje Eman, Ardiansyah dan Patman Parakkasi.
“Sudah kita bicarakan dengan Ketua DPC Partai Patriot Kota Balikpapan,” papar Burhan.
Proses PAW atas 3 anggota patriot itu sudah bergulir dua bulan lalu dan kepastian itu diketahui, setelah dalam kurung waktu sebulan lalu, tiga anggota tidak pernah hadir mengikuti rapat komisi, paripurna termasuk mengikuti kunker.
Pada akhir tahun 2013 lalu, pihak protokol Sekretariat Dewan juga sudah mengirimkan undangan kepda pejabat dan muspida Balikpapan. Pada 1 Januari 2014 lalu, pihak protokol sekretariat dewan juga mengingatkan kembali kepada anggota DPRD kota melalui SMS untuk hadir dalam rapat paripurna istimewa pada Kamis, 2 Januari pukul 10.00.
Gubernur Kaltim telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) PAW anggota DPRD Balikpapan yang telah pindah parpol. Pergantian dewan dimungkinkan perihal bagi mereka yang mengundurkan diri, meninggal dunia, diberhentikan dan apabila menjadi anggota parpol lain.
Sepanjang periode 2009-2014, DPRD kota telah melantikan 12 anggota untuk di PAW karena berbagai alasan seperti meninggal dunia, mengundurkan diri, pindah partai dan dipecat dari anggota partai.