“Tadi pak sebelum datang, teman-teman merasa heran dan kaget kok pangdam mau datang ke tempat kita biasanya kan ke DPRD Provinsi (Kaltim),” ujar ABS saat ramah tamah dengan Pangdam, Senin (26/3).

Pada kesempatan itu ABS memperkenalkan satu persatu anggota DPRD dan pimpinan DPRD kepada Pangdam kelahiran Tulung Agung ini. Anggota DPRD asal Demokrat Sri Hana yang juga asal Tulung Agung mengaku sangat surprise dengan kehadiran Pangdam dan membuka komunikasi dengan rekan-rekan di DPRD.

“ Ya ini bagus untuk komunikasi kita kedepanya,” kata Sri Hana.

Dalam pertemuan yang terbuka untuk media ini, Pangdam  menyampaikan maksud tujuan kunjungannya yakni membuka komunikasi dengan kalangan DPRD. “ Kedatangan
saya disini untuk memperkenalkan diri sekaligus sebagai warga Kaltim,”katanya.

Pertemuan semacam ini kata Pangdam, juga kerap dilakukan saat ia menjabat sebagai Asrena Kasad 2011 lalu. “ Kita kerap melakukan pertemuan informal dengan anggota DPR Komisi I bidang Pertahanan dan keamanan. Untuk  bertukar informasi dan pengalaman,” ujarnya

Panglima kodam juga menyatakan era sekarang ini, TNI tidak bisa bekerja sendiri melainkan harus bekerjasama termasuk dengan kalangan DPR. TNI katanya  hanya bagian dari system ketatanegaraan yang kini makin terbuka dan transparan.

”Di TNI tidak ada lagi yang ditutup-tutupi, era sudah berubah. Dikalangan perwira-perwira muda, mereka sekarang mindsetnya adalah era keterbukaan,.“Karena itu kasus-kasus pelanggaran ham dan mark up pembelian senjata tidak ada lagi,” sambungnya.

Dalam pertemuan yang penuh canda dan tawa itu, pandam yang tengah mengejar gelar Doktor di Universitas Hasanuddin Makasar ini juga menyampaikan rencana TNI untuk melakukan pengamanan di perbatasan. Termasuk rencana pembelian tank Leopard untuk penjagaan diperbatasan .

Pangdam sejak 13 Maret lalu resmi dilantik oleh KASAD menjadi  pangdam VI Mulawarman menggantikan Mayjen Tan Aspan . Pelantikan berlangsung di Jakarta  dan pada 20 Maret lalu dilanjutkan dengan upacara parade militer serah terima jabatan dengan pejabat lama di halaman Makodam Mulawarman.