Peter Buttler Punya Waktu Sepekan Benahi Persiba
13 March 2012
DPRD Balikpapan Minta Tambahan Dana Kaltim
13 March 2012

Mulai April Balikpapan Tarik Retribusi Sampah Door To Door

Balikpapan –

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan melakukan penarikan dari pintu ke pintu (door to door) bagi RT yang tidak terdaftar sebagai pelanggan PDAM. Pendataan RT non PDAM ini sudah dilakukan sejak 2011 lalu dengan melibatkan pengurus Kelurahan dan RT. 

“Nanti rencana April mulai kita tarik retribusi sampah bagi RT non pelanggan PDAM. Ada petugas satu orang tiap kecamatan jadi tiap hari tugasnya keliling door to door menarik retribusi pakai karcis nanti,” jelas Kabid Kebersihan Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Elvin Junadi tanpa menyebut jumlah RT non pelanggan PDAM, Selasa (13/3).

Menurut Elvin, DKPP saat ini tengah melakukan rekruitmen tenaga penagih retribusi sampah sebanyak 27 orang untuk ditempatkan di 27 kelurahan. “ Kita tengah menggali non pelanggan PDAM kita tagih pakai karcis kita datangi langsung . petugasnya masih proses rekruitmen,” katanya

Saat ini jumlah pelanggan PDAM saat mencapai 80 ribu rumah tangga sisanya adalah RT non pelanggan PDAM. DKPP ditargetkan dapat menarik retibusi sampah sebesar Rp8,6 miliar pada 2012. “ Insyallah dapat kita capai hingga akhir tahun nanti. Pemasukan retibusi sampah pada Awal Februari 2012 sebesar Rp430 juta, di Maret sebesar Rp500 juta,” ungkapnya.

Besaran tariff retribusi sampah bervariasi dari Rp2000 hingga Rp850 ribu rupiah. Terbagi beberapa golongan, misalnya untuk industri ada industri besar, sedang dan kecil, ada niaga besar I higga niaga besar IV, sedangkan rumah tangga terbagi ada rumah tangga RSS dan , non RSS serta rumah mewah. 

“Kalau industri besar itu tarifnya Rp850 ribu, industri sedang Rp250 ribu, kecil Rp50 ribu. Sedangkan rumah mewah (kategori C) retribusi sampah sampai Rp17. 500, sedang Rp3750 dan Rumah tangga sederhana Rp2500,” terangnya.

Ia menambahkan penarikan retibusi sampah saat kerjasama dengan PLN memiliki kelemahan yakni bagi pelangan PLN melakukan pembayaran rekening PLN melalui online tidak dapat ditarik retibusi sampah sedangkan PDAM penarikan dapat dilakukan secara otomatis dilakukan penarikan baik online maupun manual.

1 Comment

  1. […] volume sampah Balikpapan yang cukup memprihatinkan. Sampah plastik di Balikpapan menjadi penyumbang sampah rumah tangga baik itu hasil bungkus belanjaan, atau bungkus lain termasuk botol-botol […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *