Ini Tradisi Imlek di Balikpapan
5 February 2016
Tambang Lesu, Kredit Macet Balikpapan Meningkat
5 February 2016

Momentum Gerhana, Balikpapan Gelar Pesta Laut

Pantai AmbalatNewsBalikpapan –

Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur akan menggelar pesta laut bertepatan dengan momentum gerhana matahari total melintasi Pulau Kalimantan 9 Maret nanti. Fenomena alam gerhana matahari ini diharapkan mampu mendongkrak sector pariwisata yang sedang digalakan Balikpapan.

“Momentum bagus bagi Balikpapan dalam mengembangkan sector pariwisata,” kata Dinas Pemuda, Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Balikpapan, Oemy Fasesly, Jumat (5/2).

Oemy mengatakan gerhana matahari total Balikpapan terjadi selama tiga menit sekitar pukul 07.30 hingga 08.00 Wita. Kota Balikpapan seluruhnya akan gelap gulita tertutup bayangan bulan yang tepat sejajar diantara bumi dan matahari.

Fenomena ini diyakini mengundang banyak wisatawan lokal maupun internasional mengunjungi Balikpapan. Balikpapan melibatkan pihak lain seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Asita Kaltim dan Dinas Pendidikan Balikpapan guna menyemarakan momentum gerhana matahari di Balikpapan.

Pesta laut Pantai Manggar akan dilaksanakan kuliner tradisional asli Kalimantan berikut olah raga khas masyarakat lokal setempat. Oemy menyebutkan rangkaian pesta laut ini juga dilaksanakan di Lapangan Merdeka bersamaan waktunya dengan gerhana matahari total.

Oemy optimis rangkaian event gerhana matahari ini mampu mendatangkan pengunjung dari dalam maupun luar kota. Apalagi momentum gerhana matahari ini hampir bersamaan waktunya dengan hari jadi kota Balikpapan.

Pemkot Balikpapan sudah menargetkan kunjungan touris domestic dan internasional mencapai 2,5 juta pada 2016 ini. Fenomena alam gerhana matahari menjadi salah satu dasar optimism Balikpapan.

Gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang dapat disaksikan di beberapa provinsi di Indonesia, antara lain Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

2 Comments

  1. […] Gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang dapat disaksikan di beberapa provinsi di Indonesia, antara lain Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. (sri/newsbalikpapan) […]

  2. […] Pegawai swasta Balikpapan ini bersama istrinya Rini memang akhirnya memaksakan diri menonton prosesi gerhana matahari total di Kilang Mandiri. Berbekal perlengkapan topeng las guna menyaksikan secara langsung terjadinya gerhana matahari total dari awal hingga akhir. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *