“Kita akan ciptkan rekor dunia untuk pengibaran bendara merah putih terbesar di perbatasan,” kata anggota Kwartir Nasional asal Kaltim Supriyadi Selasa (3/1) di Balikpapan.

Sementara itu, KRI Soeharso yang mengangkut ratusan peserta Pramuka Saka Bahari, Selasa pagi, bersandar di pelabuhan Semayang, Balikpapan setelah menempuh perjalan dari Jakarta Rabu (28/12) ke Makasar   Minggu (1/1). 

KRI ini   mengangkut ratusan penegak pramuka ini merupakan perwakilan dari provinsi-provinsi di wilayah Barat Sumatra dan Jawa. Kemudian Selasa Sore, KRI Soeharso meninggalkan Balikpapan setelah mengangkut 142 perwakilan pramuka asal Provinsi Kaltim yang menjadi tuan rumah acara Saka Bahari tingkat nasional tahun 2012.

Kegiatan Saka Bahari Nasional 2012 ini bagian dari upaya menumbuhakn rasa persatuan nasional sekalagus memberikan pengalaman langka dan berharga bagi para generasi muda pramuka. 

“Mereka bisa melihat langsung kehidupan saudaranya dari sisi ekonomi dan social yang tinggal diperbatasan,” ucapnya Laksamana Pertama Kinkin Suroso Kepala Pimpinan Saka Bahari Nasional 2012.

Menurutnya, program Saka Bahari ini diharapkan akan memberikan pendidikan dan pengalaman kebaharian sehingga akan lahir generasi yang memiliki visi kedepan tentang kemaritiman..

Ia mengatakan acara tersebut, nantinya kan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahrga Andi Malarangeng dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kepala KSAD Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo. 

“Acara ini akan dibuat rutin dan selanjutnya kita merencanakan juga akan digelar di perbatasan di Papu dan perbatasan di Atambua. Dalam acara tersebut akan dilakukan berbagai kegiatan seperti penandatangan Prasasti Saka Bahari Nasional dan perkemahan di sebatik,” terangnya.

Ketua Kwarda Kaltim HM Hatta Zainal menyatakan acara Saka Bahari yang diikuti 142 anggota pramuka Se Kaltim dan ratusan perwakilan pramuka se Indonesia diharapkan dapat memberikan kesan pengalaman bahari bagi peserta. 

“Disisi lain ini juga kita harapkan dapat dongkrat popularitas kawasan wisata di Kaltim seperti pulau Derawan kabupaten Berau,” ucap Hatta.

Di Kota Balikpapan peserta Saka Bahari disambut Walikota Balikpapan Rizal Effendi dan Ketua DPRD Kota Balikpapan Andi Burhanuddin Solong serta unsur muspida Balikpapan termasuk Kwartir Daerah Kaltim di halaman Kantor Walikota Balikpapan Selasa pagi. 

Para peserta juga mendapat sambutan dari iringan dramband dari Patra Darma. Selasa siang   peserta pramuka ini diberikan pengarahan dari Sekretaris Menhan Laksamana Madya Eris Harryanto di gedung Banua Patra.

Dari Balikpapan, KRI Soeharso yang membawa peserta pramuka termasuk kemudian dilepas Wakil Gubernur Kaltim Farid W di pelabuhan Semayang Selasa sore (3/1). Perjalanan menuju Pulau Derawan, Tarakan dan   Nunukan serta berakhir di Sebatik.