Balikpapan Siapkan Sekolah Khusus Gakin
23 December 2012
Naik Rp 500, UMK Balikpapan Disetujui
24 December 2012

Macet Tahun Baru, Balikpapan Siap Jalur Tikus

Pesta kembang api

Pesta kembang api

Balikpapan –

 Menjelang perayaan malam tahun baru, Pemerintah Kota (Pemkot) dan Polresta  Balikpapan akan menyiapkan dan merancang jalur khusus untuk melakukan evakuasi.  Jalur khusus ini sebagai antisipasi atas kondisi lalulintas yang akan mengalami kemacaten khususnya di ruas-ruas tertentu terhadap keadaan darurat atau bencana

saat malam puncak pergantian tahun baru nanti.

“Kita akan siapkan jalur khusus itu dan kini lagi dirancang. Belajar dari tahun lalu kalau kita lagi ada keadaan darurats mobil ambulance sering terjebak macet jadi memang perlu ada jalur mana saja yang bisa di lalui,” kata Kepala Humas Pemkot Balikpapan Sudirman Djayaleksana, Jumat (21/12).

Sudirman mengatakan jalur evakuasi ini merupakan usulan yang muncul dalam rapat kordinas Forum Komunikasi Pimpinan Daerah(FKPD) pada Rabu (19/12) lalu, di rumah jabatan Walikota Balikpapan.” Usulan itu datang dari Dinas Kesehatan Kota dan PMI mereka tahun-tahun lalu kerap alami kemacetan saat tangani musibah di lapangan,” katanya.

Karenanya lanjut Sudirman, diharapkan dengan adanyan jalur evakuasi tersebut, tim medis atau tim penanganan bencana  dapat dengan mudah melaksanakan tugas seperti menolong korban kecelakaan atau bencana lainnya.

” Sudah pasti kalau malam tahun baru ruas jalan mengalami kemacetan utamanya jalan protokol sudirman, lapangan merdeka, jalur pantai di Lamaru, Manggar. Ini kita coba buat formulanya biar tidak menghambat jalur tim evakuasi atau tim medis,” terangnya.

Diperkirakan akan terjadi lonjakan keramaian orang untuk merayakan malam tahun  khususnya di pusat-pusat kota dan termpat keramaian, termasuk pusat perbelanjaan, , hotel, tempat hiburan, lokasi wisata dan lapangan merdeka.

“Itu akan melonjak  yang luar biasa masyaraka yang merayakan tahun baru. Untuk itu kami himbau agar masyarakat tidak memaksakan diri turun ke jalan, ratusan ribu manusia, karena pasti ada juga yang dari luar Balikpapan seperti dari Kabupaten Penajam Paser Utara, Paser, bahkan mungkin dari Samarinda dan Tenggarong,”ujarnya.

Disamping itu lanjutnya, pihak keamanan juga akan bersiaga dan menjaga tempat-tempat keramaian tersebut. “Pihak kepolisian nanti akan bersama TNI, termasuk Satpol PP, ada juga tim medis dan dari Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana, Camat termasuk Lurah,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *