Promosi wisata NTBNewsBalikpapan –

Provinsi Nusa Tenggara Barat membidik potensi wisatawan domestic Balikpapan Kalimantan Timur. Masyarakat Balikpapan dianggap punya potensi tinggi berwisata alam jadi andalan NTB.

“Masyarakatnya punya penghasilan tinggi, termasuk pula para ekpatriat yang tinggal di Balikpapan,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Pariwisata Provinsi NTB, Lalu Muhammad Faozal saat menggelar promosi wisata di Balikpapan, Kamis (23/4).

Faozal mengatakan warga Balikpapan merupakan pasar potensial promosi wisata domestic Indonesia. Pihaknya setidaknya menargetkan 200 ribu hingga 300 ribu wisatawan Balikpapan yang akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata alam NTB.

Pencapaian target kunjungan wisatawan Balikpapan, menurut Faozal hanya 10 persen dari total target Provinsi NTB yang mencapai angka 3 juta wisatawan domestic dan manca negara pada 2015 ini. Sektor pariwisata NTB memang sudah melonjak pesat dari realisasi 1,6 juta wisatawan pada 2014 lalu.

“Pariwisata sudah menjadi sector ketiga yang menyumbang pemasukan  APBD Provinsi NTB sebesar  Rp 2,4 triliun,” ujarnya.

Provinsi NTB mengandalkan lima destinasi wisata terletak di Pulau Lombok dan Sumbawa. Kawasan pariwisatanya terdiri Tiga Gili, Senggigi, Kuta Lombok, Rinjani dan Moyo Sumbawa. Destinasi wisata pantai, resort dan pegunungan dianggap jadi lokasi wisata alam terindah di Indonesia.

“Termasuk pula wisata kuliner dan budaya kami yang masih tetap terjaga,” paparnya.

NTB saat ini gencar mempromosikan potensi wisatanya ke sejumlah kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Yogjakarta, Surabaya, Semarang, Denpasar, Makassar dan Balikpapan. NTB terus berbenah membangun sarana prasarana infrastruktur bandara, pelabuhan, jalan hingga sumber daya manusianya.

“Sudah ada penerbangan langsung rute Lombok dengan tujuh kota ini. Hanya Balikpapan yang belum ada penerbangan langsung tiba di Lombok,” tuturnya.