Lifter KaltimBalikpapan –

Atlit angkat besi peraih medali Olimpiade London 2012, Eko Yulianto dan Triyatno harus menyingkir dari tempat latihannya di Gedung Hevindo Balikpapan Kalimantan Timur. Lokasi latihan mereka akan direnovasi sebagai latihan atlit bulu tangkis binaan Hevindo.

“Kita masih diberi toleransi hingga bulan enam karena perlu persiapan alat dan perlengkapan lain untuk pindah,” kata Pelatih Angkat Besi, Lukman, Senin (25/3).

Karena itu iapun telah berkordinasi dengan pencab angkat besi, berat dan binaraga kota Balikpapan untuk dicarikan lokasi pindah yang ideal.

“Kita sudah kordinasi dan sempat lihat-lihat lokasi antara di dome dan tenis indoor. Dari situ sepertinya yang pas untuk latihan mereka di Dome ada ruangan disayap kanan Dome yang staregis dan layak luas. ini nanti disedikit penambahan perlengkapan,” ucapnya.

Sedangkan di lapangan tenis Indoor stadium Balikpapan dinilai Lukman kurang pas disamping luasannya juga unsure landasan yang kurang mendukung. “ Tapi kita akan menghadap ke walikota untuk membicarakan ini karena pak wali sedang kursus dua pecan,” katanya.

Atlet angkat besi dan angkat berat, menurut Lukman akan menjalani pelatnas Seagames pada Desember 2013 mendatang dan 2014 akan mengkikuti Porprov.

“Balikpapan sejak 2009 ditunjuk sebagai salah satu pelatnas Sea Games bersama daerah Jakarat, Lampung dan Bekasi. Kita harapkan keberadaan tempat latihan baru ini tidak menggangu dan lokasi Dome yang ramai strategis dapat memotivasi bibit atlet di angkat besi, angkat berat ini,” harapnya.

Menanggapi penggusuran atlit angkat besi, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan lokasi lapangan indoors lebih ideal.

“Dome agak sulit karena sering dipakai. Kita sarankan di lapangan tenis itu ada tempatnya yang bisa dipakai tinggal dibantu perlengkapanya saja,” paparnya.

Wali Kota melihat lokasi di tenis indoor sebagai lokasi yang tepat untuk latihan. Selain tenang, juga tidak mengganggu kegiatan lainya jika ada event tenis di lokasi itu. “Kalau di area tenis indoor tidak ada masalah. Itu bisa dipakai nanti kita carikan solusinya,” tukasnya.

Seperti diketahui lifter Balikpapan biasanya latihan rutin di GOR Hevindo, Jalan MT Haryono dalam empat tahun terakhir ini. Namun karena ada rencana renovasi GOR Hevindo yang akan ditambah mess atlet, para lifter tersebut harus segera pindah dan mencari lokasi latihan yang baru.