Belanda pada 1988 kalah di pertandingan awal tapi mereka menjadi juara. “Kami berharap bisa mengulang sejarah,” kata Raphael van der Vaart.

Tapi, pasukan Jerman tidak gentar. Sadar Belanda ngotot menang, mereka sudah menyiapkan strategi. “Yang jelas ini akan menjadi pertandingan yang mengerikan.”

Pemain gelandang Belanda, Arjen Robben, optimis timnya mampu meraih angka penuh dari Jerman. Kedua tim dijadwalkan bentrok di laga kedua penyisihan Grup B, di Stadion Metalist, 14 Juni 2012 pukul 02.00 Wita dini hari.

Belanda harus meraih tiga angka untuk menjaga peluang mereka lolos ke babak selanjutnya tetap hidup. Pasalnya mereka menderita kekalahan 0-1 dari Denmark di laga pertama. Tugas berat bakal diemban Robben dan kawan-kawan karena mereka melawan salah satu tim unggulan, Jerman.

Meski begitu, Robben tetap yakin timnya bakal menang. “Kami masih optimistis. Kami akan dan harus menang,” kata Robben.

“Jika itu terjadi, maka semuanya akan menjadi lebih baik. Kami dapat bangkit kembali.”

Pemain Bayern Muenchen itu menilai laga melawan Der Panzer nanti, akan menjadi pertandingan yang sulit bagi timnya. Jerman sendiri berhasil mengalahkan Portugal di laga pertama mereka.

“Mereka adalah peringkat ketiga Piala Dunia 2010, dan tim yang masih muda, segar dan bugar. Jerman selalu kuat dalam duel fisik, dan memiliki stamina yang prima,” ujar Robben. “Mereka tim yang punya banyak kreativitas.” EUFA