Menurutnya, Kosgoro merupakan  organisasi massa di bawah Partai Golongan Karya. Kader-kader tersebut selama tiga hari berturut-turut diberi materi mulai dari nasionalisme dan bela negara hingga materi khusus tentang Partai Golkar dan Kosgoro 1957.

Pelatihan anggota baru tersebut bagian dari konsolidasi organisasi partai sekaligus pengkaderan untuk pemenangan Pemilu mendatang.  “Tugas Kosgoro adalah mengamankan dan memenangkan Golkar dalam Pemilu Legislatif 2014 mendatang,” kata Mukmin yang juga Ketua DPRD Kaltim itu.

Kosgoro atau Kesatuan Organisasi Serbaguan Gotong Royong adalah gabungan beberapa onderbow Golongan Karya, dan didirikan oleh SOKSI (Serikat Organisasi Karyawan Seluruh Indonesia) dan Golkar sendiri.

Sebagai organisasi massa (ormas), Mukmin memberi keleluasaan keanggotaan. Namun Mukmin menyebutkan tugas Kosgoro adalah memenangkan Golkar sebagai partai politik, Pegawai Negeri Sipil yang dilarang menjadi anggota partai politik, misalnya, bisa menjadi anggota Kosgoro karena sifatnya yang ormas tersebut, dan Kosgoro sendiri tidak mewajibkan anggotanya menjadi anggota Partai Golkar.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDK Kosgoro 1957 Kota Balikpapan yang juga anggota DPRD Kota Balikpapan menambahkan, Kosgoro itu tulang punggung Golkar dan jadi penentu salah satu kekuatan Golkar.