Mangrove Dibabat, Balikpapan Terancam Banjir
25 May 2013
Tes Narkoba, DPRD Balikpapan Siap Rp 1,5 M
25 May 2013

Kebun Raya Balikpapan Butuh Rp 30 M

Kebun Raya BalikpapanBalikpapan –

DPRD Balikpapan Kalimantan Timur menyatakan pembangunan kebun raya Balikpapan nantinya diperkirakan menyedot anggaran sebesar Rp 30 miliar. Kebun raya ini nantinya diproyeksikan sebagai sarana edukasi potensi flora fauna Kalimantan.

“Apalagi proyek pembangunan KRB menelan anggaran yang cukup besar yakni Rp 30 miliar,” kata Ketua Komisi I DPRD Balikpapan, Sonhaji, Sabtu (25/5).

Proyek kebun raya Balikpapan sudah memasuki tahap penyelesaian. Pemerintah Kota Balikpapan mengajukan tambahan anggaran sebesar Rp 7 miliar pada alokasi perubahan kas akhir tahun mendatang untuk pembangunan penampungan air atau yang biasa disebut waduk atau bozem.

Sonhaji mengatakan pembangunan kebun raya Balikpapan menjadi mimpi masyarakat sejak lama. Dukungan diberikan dari berbagai unsur seperti masyarakat, pemerintah daerah, LIPI hingga pemerintah pusat.

Kebun raya Balikpapan, kata Sonhaji sudah lama berdiri seperti halnya kebun raya di Bogor maupun Purwodadi. Pengelolaanya kemudian diambil alih pemerintah Indonesia.

Dana pembangunannya sudah dianggarkan baik dari kota, provinsi dan pusat namun untuk percepatan pembangunannya memang masih diperlukan dana lagi termasuk dari kota

Kabid Pengawasan dan Pengendalian Badan Lingkungan Hidup Pemkot Balikpapan, Erwin Hardiansyah mengatakan  pembangunan waduk atau embung yang ada di lokasi kebun raya saat ini sudah mencapai tahap penyelesaian. Akhir tahun ini sudah bisa dimanfaatkan sebagai bagian kebun raya Balikpapan.

“Fungsi dari embung seluas 3 hektar ini nantinya akan dipergunakan sebagai penyimpanan air dan ke depan akan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *