TNI AL Usir Pesawat Malaysia Dari Ambalat
21 March 2012
Pemprov Kaltim Incar Blok Ganal Dan Rapak
22 March 2012

Kapal Asing Juga Konsumsi BBM Subsidi

PangdamBalikpapan –

Komando Daerah Militer VI Mulawarman yakin adanya praktek penyalahgunaan konsumsi BBM subsidi oleh kapal kapal asing diperbatasan Indonesia – Malaysia. Disparitas harga BBM subsidi dengan industry yang cukup tinggi membuat praktek illegal ini menjamur.

“Saya yakin banyak konsumsi BBM subsidi dilakukan kapal kapal asing di wilayah perbatasan,” kata Panglima Kodam Mulawarman, Mayor Jenderal Subekti usai serah terima jabatan Kodam Mulawarman, Selasa (20/3).

Subekti mengaku menerima banyak laporan dari intelejen sehubungan praktek penyalahgunaan BBM subsidi tersebut di perbatasan. Kodam Mulawarman merasa terpanggil dalam pengamanan distribusi BBM subsidi sesuai peruntukannya.

Dalam masalah itu, Subekti menyatakan siap mensiagakan personil TNI dalam pengamanan distribusi BBM subsidi di wilayah Kalimantan Timur dan Selatan. TNI AD juga terus berkoordinasi dengan kapal kapal TNI AL dalam penyergapan pelanggaran kapal asing di wilayah perbatasan.

“Dengan melibatkan pula unsure Satuan Polisi Air Polda Kalimantan Timur,” tuturnya.

Presiden lewat Panglima TNI, kata Subekti sudah meminta unsure TNI pro aktif dalam pengamanan distribusi BBM subsidi pada masyarakat. Kodam Mulawarman siap menindak praktek penyalahgunaan BBM subsidi lewat berbagai modus kerap terjadi.

Komandan Pangkalan AL Balikpapan, Kolonel LG Kompiang A menyatakan praktek penjualan BBM subsidi pada kapal asing bisa terjadi di wilayah perairan laut Tarakan dan Nunukan. Namun dia mengatakan wilayah tersebut berada dalam wilayah tugas Pangkalan AL Tarakan.

“Sehingga saya tidak punya data tentang berbagai kondisi kapal asing di wilayah perbatasan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *