Jaya HartonoNewsBalikpapan –
Pemain timnas era90 an, Jaya Hartono mengkritik performa timnas Sea Games Myanmar yang dipermalukan Thailand skor 4 – 1 dalam babak penyisihan grup. Pelatih Persiba Balikpapan tersebut juga menyebut peluang Andik Virmansyah sudah tertutup dalam ajang bergengsi Sea Games ini.
“Semestinya timnas bisa melewati Thailand atau menahannya. Kalau kalah akan berat,” katanya di Balikpapan, Jumat (13/12).
Jaya mengatakan Thailand merupakan tim tangguh tergabung dalam fase penyisihan grup bersama Indonesia, Laos dan tuan rumah Myanmar. Kekalahan ini membuat timnas Indonesia harus berjuang keras mengalahkan Myanmar yang tentunya mendapatkan dukungan dari ribuan pendukungnya.
“Saya sudah bilang kalau Indonesia bisa lewati Thailand berarti bisa,” paparnya.
Kekalahan tersebut, membuat langkah Indonesia semakin terjepit melawan tuan rumah Myanmar. Hasil positif melawan Thailand semestinya menjadi modal kuat menantang tim tuan rumah.
Secara terus terang, Jaya mengaku kecewa timnas Indonesia harus menelan pil pahit sehingga kalah telak dari seterunya di Asean ini. Menurutnya kekalahan ini adalah rekor terburuk timnas dalam melakoni ajang internasional.
“Indonesia seperti tidur, habis timnas, sangat berat untuk lolos,” sesalnya.