Jokowi Resmikan Proyek Jumbo di Penajam
17 November 2015
XL Resmikan Data Center Pertama di Borneo
17 November 2015

Jokowi Datang, TNI Sebar Intel di Kaltim

Pasukan Kodam MulawarmanNewsBalikpapan –

Komando Daerah Militer VI Mulawarman mengerahkan ratusan personil intelejen guna mengantisipasi aksi terror menyusul kedatangan Presiden Joko Widodo ke Kaltim. Joko Widodo memang dijadwalkan meresmikan sejumlah proyek jumbo bernilai puluhan triliunan rupiah di Kaltim pada pekan ini.

“Kami sudah sebar personil intelejen di lapangan,” kata Kepala Penerangan Kodam Mulawarman, Kolonel Andi Gunawan, Senin (16/11).

Andi mengatakan pengamanan presiden ditingkatkan menyusul peningkatan aksi terror mengancam dunia. Pengamanan terdiri dari berbagai unsur seperti TNI, Polri hingga intelejen yang disebar di lapangan.

Total keseluruhan pengamanan, Andi menyatakan terdapat setidaknya 4.300 personil pengamanan kunjungan Presiden Joko Widodo di Kalimantan Timur. Dia menyebutkan personil di daerah ini adalah pengamanan ring 2 diluar personil Pasukan Pengamanan Presiden yang berada di lingkaran terdekat RI 1.

“Para personil ini dipersiapkan mengamankan rute nantinya dilewat Joko Widodo sejak mendarat di Bandara Sepinggan Balikpapan, Hotel Gran Senyiur, Buluminung Penajam Paser Utara dan Bontang,” paparnya.

Presiden Joko Widodo akan meresmikan sejumlah mega proyek  bernilai puluhan triliunan rupiah di kota/kabupaten Kalimantan Timur, Kamis (19/11) nanti. Presiden beserta menteri terkait meresmikan sejumlah proyek penting seperti pembangunan jalan tol Balikpapan – Samarinda, kawasan industry maritim Buluminung Penajam Paser Utara hingga pembangunan Pupuk Kaltim V Bontang.

Pemerintah daerah setempat sedang gencarnya menuntaskan pembangunan mega proyek di Kaltim. Salah satunya adalahnya proyek jalan tol Balikpapan – Samarinda sepanjang 102 kilometer  yang menghabiskan anggaran Rp 9 triliun.

Adapula kawasan industry maritime Buluminung sedang dalam pengerjaan jadi pusat Pelabuhan Benua Taka, Industri Galangan Kapal, Pelabuhan CPO dan Indonesian Marine Science and Technology Park (IMSTeP) atau  Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan (Puspitekla) senilai Rp 30 triliun.

Sedangkan Pupuk Kaltim V PT PKT Bontang yang sudah beroperasi dalam beberapa bulan terakhir ini. Peresmiannya bersamaan waktunya dengan sejumlah mega proyek yang sedang berjalan di Kaltim.

Rombongan kepresidenan tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan, Rabu (18/11) pukul 17.00 Wita. Rencananya presiden berdialog langsung dengan para pimpinan redaksi media lokal di Kaltim.

Esok harinya, Andi menuturkan presiden beserta menteri terkait menuju dua lokasi peresmian proyek menumpang helicopter. Dalam waktu seharian itu, katanya presiden meresmikan proyek yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Bontang.  Selanjutnya rombongan presiden langsung kembali ke Jakarta menumpang pesawat kepresiden yang sudah bersiaga di Bandara Sepinggan Balikpapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *