Jalan longsor di Loa JananNewsBalikpapan –

PT Pertamina Unit Pemasaran VI Balikpapan Kalimantan Timur memaksimalkan transportasi Sungai Mahakam dalam pengiriman truk tangki 10 kilo liter ke Tenggarong Kutai Kartanegara. Wilayah ini menjadi lokasi terisolir menyusul  putusnya Jalan Poros Desa Bakungan Kecamatan Loa Janan Tenggarong akibat abarasi Sungai Mahakam.

“Hanya butuh waktu 10 menit dari Tenggarong seberang menuju Tenggarong,” kata Kepala Humas PT Pertamina Unit Pemasaran Balikpapan, Andar Titi Lestari, Kamis (16/7).

Andar menyatakan pasokan BBM ini untuk sementara mampu menjamin kebutuhan masyarakat di Tenggarong dan sekitarnya. Distribusi mobil tangki BBM ini guna memenuhi pasokan empat SPBU di wilayah Tenggarong.

“Biasanya mempergunakan truk tangki kapasitas 16 kilo liter, sekarang ini sementara dipenuhi dengan truk tangki ukuran 10 kilo liter,” ujarnya.

Pertamina sudah menjamin kelangsungan distribusi BBM untuk wilayah terisolir akibat putusnya Jalan Poros Loa Janan.  Mereka juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam memaksimalkan jalur transportasi lewat Sungai Mahakam.

“Kerjasama dengan Dishub Kukar dalam penyeberangan truk tangki Pertamina,” paparnya.

Andar menghimbau agar masyarakat Tenggarong dan sekitarnya tidak panic adanya permasalahan ini. Dia berharap dukungan keamanan dari aparat keamanan dalam mengamanankan distribusi BBM pada masyarakat Tenggarong.

Sehubungan masalah ini, Andar meminta agar pemerintah daerah segera mengupayakan pembangunan kembali akses Jalan Poros Loa Janan. Menurutnya distribusi jalur Sungai Mahakam membutuhkan biaya tinggi serta resiko yang harus ditanggung Pertamina.