Pilgub KaltimBalikpapan –

Sepanjang jalan protokol di Balikpapan Kalimantan Timur marak pemasangan atribut kampanye pemilihan gubernur pada 10 September nanti. Terlihat sudah ada dua pasangan kandidat yaitu incumbent Awang Faroek Ishak – Mukmin Faisyal serta Imdaad Hamid – Ipong Muchlissoni yang terpampang di Jalan Sudirman dan Ahmad Yani di Balikpapan.

“Foto balehonya besar terpampang, sudah lama adanya,” kata Ati, warga Balikpapan, Senin (6/5).

Ati mengaku tidak tahu kepastian waktu pemasangan atribut kampanye di jalan protokol Balikpapan ini. Dia hanya memastikan sudah tidak asing lagi pada wajah yang terpampang dalam atribut kampanye itu.

“Jelang pilgub Kaltim sehingga banyak yang promosi,” ujarnya.

Kepala Satpol PP Kota Balikpapan Fredy Pasaribu mengatakan pemasangan atribut kampanye ini tidak bertentangan dengan ketentuan kampanye setempat. Pemkot Balikpapan melarang segala pemasangan atribut kampanye di sepanjang jalan protokol sesuai Peraturan Wali Kota Balikpapan Nomor 6 Tahun 2013.

“Dalam aturam hanya diatur pemasangan umbul-umbul dan bendera,” paparnya.

Kasus terjadi saat ini, kata Freddy adalah pemasangan baleho yang pemasangannya dilakukan pihak ketiga atau swasta. Mereka ini yang bekerja sama dalam pemasangan baleho politik pilgub Kaltim.

Sehubungan itu, Freddy enggan menurunkan baleho tersebut tanpa adanya suatu alasan yang jelas. Dia mengaku sedang mengkaji soal baleho tersebut apakah masuk dalam katagori kampanye.

Pemilihan gubernur Kaltim (pilgib) Kaltim akan berlangsung pada 10 September 2013 mendatang. Beberapa ruas jalan sudah mulai ramai baleho-baleho kandidat gubernur dan wakil gubernur Kaltim.