Bangun Komunikasi Guru Dan Murid Balikpapan
15 September 2012
Pedagang Inpres Balikpapan Tolak Relokasi
16 September 2012

ITK Dibangun Tahun ini, Jalan Masuk Rp5,8 miliar

Balikpapan - Pembangunan fisik ITK akan segera dimulai pada akhir tahun 2012 ini, namun sebelum dibangun gedungnya akan dibangun terlebih dulu jalan masuk.  Pada APBD Perubahan kota Balikpapan tahun 2012 ini, DPRD dan Pemkot sepakat mengalokasikan Rp5,8 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan masuk ITK. “Pembangunan gedung tahun ini, pemkot akan menggenjot untuk jalan masuk mobilaisi peralatan dan bahan bangunan dan pipa besar. Jadi jalan harus kuat lah,” ujar Kepala Bappeda Balikpapan Suryanto, pecan kemarin (14/9).

Suryanto menjelaskan pembangunan jalan masuk ini akan mengawali pembangunan gedung ITK yang akan dimulai pada tahun 2012 ini dengan biaya pusat dan provinisi.

Menurut Suryanto, Ded dan pembangunan jalan masuk bagian belakang sudah dilelang dan siapkan anggaran khusus sebesar Rp5,8 miliar. “ Jadi jalan masuk ini sifatnya sementara. Jalan alternative yang berada di kilometer 13, tapi nanti jadi jalan belakang sedangkan jalan depanya utamanya di kilometer 15. Yang kita bangun ini jalan belakang dulu untuk mobilisasi material,” terangnya.

Panjang jalan masuk bagian belakang, diperkirakan panjang 600 meter hingga satu kilometer dengan anggaran Rp5,8 miliar. “ Diperubahan dari propinsi nggak ada untuk bangun jalan, hanya APBD kota,” katanya.

Suryanto memperdiksi jika pembangunan gedung dimulai pada tahun ini diperkirakan Juli tahun 2013 akan selesai. “ Kemungkinan mereka 100 mahasiswa angkatan pertama ini di ITS sudah bisa kuliah di Balikpapan,” ujarnya.

Diketahui, pemerintah pusat itu menjanjikan alokasi dana pembangunan gedung pada tahap awal sebesar Rp55 miliar

Pemprov Kaltim telah mengalokasikan lahan di kilometer 13 seluas 80 hektar lahan ITK. Pada 2012 ini direncanakan 100 hektar sudah tersedia. “Sedangkan pada tahun berikutnya harus tuntas pembebasan lahannya seluas 200 hektar,”tukasnya. (Andi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *