Diantara ke-18 offroader Kaltim yang diterjunkan, ada nama Hendry Kurniawan, offroader nasional yang telah berpengalaman di berbagai event offroad di Tanah Air. Sebelumnya Hendri tergabung di tim offroad Grage Community Jawa Timur dan bertanding di seri offroad Djarum Super Real Adventure Offroad (DSRAO).

Para offroader Kaltim akan turun di dua kelas yang dipertandingkan, yaitu kelas standard (non winch) dan kelas ekstrem. “Kelas standar sekarang pun sudah dikenakan kewajiban pasang rollbar, untuk mengurangi risiko cedera seandainya mobil terbalik,” jelas Windy.

Sedangkan kelas ekstrem memasang syarat mobil harus dipasangi rangka pengaman atau rollbar, sabuk pengaman empat titik (sabuk pengaman biasa di mobil umumnya adalah sabuk pengaman tiga titik), dan memiliki winch atau derek terutama di depan mobil.

“Akhir tahun ini semangat teman-teman luar biasa,” ucap Windy.

Windy menambahkan, tim dari Kaltim jumlah mencapai 90 orang termasuk co driver dan para mekanik. Para offroader Kaltim akan berkonvoi dari Balikpapan mulai Kamis (8/12) siang dan diharapkan sudah tiba di Batulicin, 350 km selatan Balikpapan pada Jumat (9/12) pagi.

“Jadi kita punya cukup waktu untuk istirahat sebelum bertanding Sabtu-Minggu,” timpal Awa.  

Event Kapolres Cup Offroad Challenge digelar panitia trek offroad di belakang Mapolres Tanah Bumbu. Panitia membuat sekurangnya 10 SCS (special competition stage), jalur khusus lomba di medan yang menggabungkan trek kering dan basah itu.

“Untuk juara kelas ekstrem kami sediakan hadiah motor trail, yakni Kawasaki KLX 150 cc, runner up dapat motor matic Yamaha Mio, dan tempat ketiga empat buah ban Savero Komodo extreme,” kata Albertus Hariono, ketua panitia dari Tanbu Jip Community.

Hadiah bagi kelas standar atau non-winch tak kalah mentereng, yaitu satu motor matic Honda Beat untuk juara, runner up dapat 4 buah ban Savero Komodo extreme, pemenang ketiga dapat sebuah winch.

Pemenang keempat dan kelima kelas standar juga mendapat recovery kit dan liftjack. Malah masih ada hadiah untuk tempat keempat dan kelima, yaitu seperangkat recovery kit (kunci-kunci pas) dan liftjack (dongkrak khusus untuk mobil-mobil jangkung seperti mobil-mobil offroad).

“Mungkin karena hadiah ini juga teman-teman pada semangat, selain tempat penyelenggaraannya tidak terlalu jauh dari Balikpapan, bisa dicapai dengan 10-12 jam berkendara,” tandas Windy.