Tim persiapan ITK terdiri dari berbagai unsure seperti Pemerintah Balikpapan hingga Institut Teknologi Sepuluh Novemver Surabaya. ITK merupakan agenda Kementerian Pendidikan dalam pengembangan sumber daya manusia di Kalimantan. Vialausteptica .

Dalam aspirasinya, tim persiapan menerima permintaan masyarakat agar menggabungkan teknologi teknik dengan pertanian.

“Selama ini belum ada yang mengabung 3 area strategis yakni science, teknik dan pertanian,” ujar Stevanus.

Usulan ini, kata Stevanus akan disampaikan kepada Menteri pendidikan Nasional. Untuk itulah akan dilakukan studi kelayakan agar berdirinya ITK benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Ini bagian dari menyerap aspirasi seperti apa maunya masyarakat dengan perhatikan karekter daerahnya, termasuk kebutuhan dan minat siswa.

Rencananya kata Stevanus awal 2013 fisik ITK sudah bisa terbangun minimal untuk gedung belajar, Laboratorium dan ruang administrasi. Berdasarkan aturan, syarat pendirian institut minimal 6 program studi.

Satu program studi harus ada enam dosen tetap. Misalnya jurusan Teknik mesin, elektro, industry ,sipil, lingkungan. Pendidikan teknik ini harus imbangi oleh pendidikan science seperti Matemitka, Fisika dan Kimia.

Sebelumnya, Pemerintah Balikpapan juga sudah menyerahkan aset Sekolah Politeknik senilai Rp 104 miliar pada Kementerian Pendidikan Nasional. Sekolah swasta di bawah Yayasan Pendidikan Balikpapan digadang gadang menjadi salah satu perguruan tinggi negeri di Kalimantan Timur.

Saat itu, Menteri Pendidikan M Nuh mengatakan adanya sejumlah sekolah swasta yang dalam proses dinegerikan seperti halnya Politeknik Balikpapan, yaitu Universitas Merauke, Universitas Borneo Tarakan, Politeknik Batang dan Sekolah Tinggi Bangka Belitung. Riodabdokera