Tidak Tepat Pendidikkan Seks Masuk Kurikulum Sekolah
18 January 2012
Imdaad Prihatin Mangrove di Kariangau
18 January 2012

Hutan Mangrove Terancam Industri Kariangau

Balikpapan – Pengawasan Pembangunan di Kawasan Industri Kariangau (KIK) perlu diperketat. Pasalnya sejak ditetapkan sebagai kawasan industri, pembangunan dikawasan tersebut terus berkembang. Kondisi tersebut tentu berdampak pada lingkungan. Karena dikawasan itu merupakan tempat tumbuh kembangnya mangrove. Akibat pembukaan lahan besar-besaran menyebabkan sebagian mangrove hancur karena terjadi pengundulan hutan dan pengupasan lahan yang dilakukan perusahaan. Padahal, setiap perusahaan harus menyisahkan hutan mangrove sekitar 40 persen dari seratus lahan yang dimilikinya.

Direktur LSM STABIL Balikpapan Jufriansyah mengatakan, KIK perlu pengawasan karena banyaknya terjadi pengupasan lahan yang dilakukan pihak perusahaan. Bahkan saat ini pengupasan lahan yang terjadi sudah pada tahap yang mengkhawatirkan.      

“KIK memang merupakan kawasan strategis dalam pengembangan pembangunan industri di Balikpapan. Mengingat Balikpapan tidak memiliki kawasan khusus industri tapi pemerintah juga harus memperhatikan lingkungan,” kata Jufri.

Kurangnya pengawasan kata Jurfi, sehingga banyak perusahaan yang melakukan pengupasan lahan dan penebangan hutan mangrove di wilayah tersebut “Karena memang pengawasannya yang tidak maksimal, coba lihat saja,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, dikawasan itu dulu hutan manggrovnya terlihat rimbun, tapi kini mulai terkikis dengan bangunan yang luas dan bertiang baja. Apalagi setelah PT Gunung Bayan telah memasok aliran listri dikawasan itu

Belum lagi kata Jufri, Badan Penanaman Modal dan Investasi Daerah (BPID) Kota Balikpapan yang kini gencar melakukan sosialisasi ke luar daerah untuk menarik investor. Agar menanamkan modalnya di KIK.

“Harusnya pemerintah juga aktif mendorong perusahaan yang ada dikawasan tersebut ikut serta dalam menjaga lingkungan khsusnya hutan mangrove yang kini mulai berkurang,” terangnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *