Banjir di kawasan Ring Road Balikpapan

Banjir di kawasan Ring Road Balikpapan

Balikpapan –

Bencana banjir kali kembali mengancam Kota Balikpapan Kalimantan Timur, Selasa (1/5). Hujan deras pukul 10.00 hingga 12.00 Wita membuat parit sepanjang jalan ring road Balikpapan meluap di titik sekitar SPBU dan pertigaan kantor Telkom.

Air setinggi setengah meter ini merendam sebagian jalan di ring road Balikpapan. Akibatnya, arus transportasi pengguna jalan menjadi tersendat hingga membuat petugas kepolisian turun tangan.

Selain itu, air juga merendam belasan rumah di perumahan Puri Mandastana Balikpapan. Banjir merendam rumah dan tetangganya hingga se paha orang dewasa.

“Banjirnya masuk rumah, baru sekarang bisa surut,” tutur Ibu Intan.

Intan mengatakan air sudah acap kali memasuki rumahnya hingga setinggi sepangkal lutut. Banjir kali ini sangat parah hingga puncaknya mampu menggenangi rumahnya yang sudah terbilang tinggi di kawasan. Baru kali ini, banjir menggenangi rumah rumah di kawasan perumahan Puri Mandastana Balikpapan.

“Mungkin karena derasnya hujan atau parit perumahan yang tersumbat,” paparnya.

Bencana banjir dan longsor di Balikpapan sudah lama diprediksi akan terjadi menyusul kawasannya yang dikepung pertambangan batu bara milik Kabupaten Kutai Kartanegara, Samarinda dan Penajam Paser Utara. Kondisi pengupasan lahan yang berbukit bukit juga menjadi salah satu penyebab utama bencana longsor di Balikpapan.