“Ya sejak hari Kamis (kemarin) kita libatkan TNI. Kita jaga obyek vital seperti kilang, SPBU, Bandara dan Semayang,” ujar Kapolres AKBP Sabar Supriyono.

Pelibatan personil TNI kata Sabar, seiring dengan perkiraan makin bertambahnya jumlah pengunjuk rasa yang akan datang dan bergabung bersama mahasiswa lainnya di gedung DPRD Kota Balikpapan.

“Memang infonya akan ada yang datang lagi kemari pada Jumat dari LSM/ormas,” katanya.

Jumlah personil Polres yang disiapkan pada aksi unjukrasa sejak Kamis dan Jumat ini sekitar 800 personil dan dua kompi personil TNI. Aparat disiagakan untuk mengawal aksi agar tidak berlangsung anarkis

“Yang diturunkan lihat situasi di lapangan. Kita juga lebih kedepankan pendekatan Humanis, termasuk dilibatkan tim negoisator dari Polwan,” terangnya.

Aksi menginap mahasiswa  sejak Rabu lalu hingga Jumat ini rencananya akan dilanjutkan dengan melakukan aksi demo ke kantor Pertamina.

 “Jumat siang kita Pertamin bersama rekan-rekan yang baru bergabung maupun yang sudah menginap. Ada 9 organisasi elemen mahasiswa yang bergabung hingga hari ini. Insyallah akan ada 150 mahasiswa yang nantnya kita akan berdemo menuju Pertamina,” jelas kordinator GMNI  Aditya Yudha Abadi.

Untuk diketahui kata Aditya sejak Rabu lalu hingga Kamis rekan mahasiswa juga mendatangi kampus-kampus untuk mengajak bergabung dalam aksi menginap dan dilanjutkan pada Jumat siang ini.

“ Kita undang mereka bergabung untuk  konsolidasi persiapkan aksi yang akan bersamaan dengan siding paripurna DPR RI mengenai BBM,” tandas Aditya.