Tiga Pemain Asing Jalani Seleksi Persiba
22 February 2015
Persiba Masih Terbayang Aldo Baretto
24 February 2015

Enam Pesawat Lion Air Telat Tiba di Balikpapan

Lion Air di BalikpapanNewsBalikpapan –

PT Angkasa Pura Balikpapan memastikan ada enam pesawat Lion Air yang delay (tertunda) mendarat di Bandara Sepinggan Balikpapan Kalimantan Timur. Terlambatnya pesawat ini disebabkan masih belum normalnya penerbangan Lion Air di sejumlah bandara Indonesia.

“Ada enam rute penerbangan Lion Air yang delay tiba di Balikpapan,” kata Humas PT Angkasa Pura Balikpapan, Awaluddin, Jumat (20/2/2015).

Penerbangan delay, kata Awaluddin diantaranya adalah rute Jakarta – Balikpapan (09.05 Wib), Yogjakarta – Balikpapan (10.30 Wib), Surabaya – Balikpapan (14.10 Wib), Yogjakarta – Balikpapan (15.50 Wib), Jakarta – Balikpapan (15.00 Wib) dan Surabaya – Balikpapan (15.35 Wib). Tiga penerbangan rute Yogjakarta (15.50 Wib), Jakarta (15.00 Wib) dan Surabaya (15.35 Wib), menurutnya belum ada kejelasan kapan keberangkatannya dari pihak maskapai setempat.

“Sisanya sudah berangkat, meskipun terlambat hingga beberapa jam penerbangannya,” paparnya.

Awaluddin mengatakan keterlambatan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak maskapai guna memberikan ganti rugi pada para penumpang. Sesui aturannya, katanya maskapai wajib menyediakan kompensasi keterlambatan yaitu berupa snack, makan, ganti rugi hingga fasilitas transportasi dan akomodasi penumpang.

Angkasa Pura akan memberikan kepastian informasi soal keterlambatan hingga pembatalan penerbangan pesawat di Bandara Sepinggan. Angkasa Pura membantu dalam pendampingan serta penyampaian informasi secara cepat pada para penumpang.

Adapun maskapai Lion Air sudah membatalkan satu penerbangan JT 761 rute Balikpapan – Jakarta pukul 09.35 Wita memuat 145 penumpang. Ini merupakan efek domino keterlambatan penerbangan Lion Air yang terjadi hampir di seluruh bandara di Indonesia.

“Ada satu penerbangan Balikpapan – Jakarta yang kami batalkan,” kata Petugas Pax and Handling Lion Air Balikpapan, Rachimsyah.

Rachimsyah mengatakan pesawat semestinya memang berangkat pagi hari tadi menerbangkan penumpang yang mayoritas warga Balikpapan. Sebagian penumpang sudah tiba untuk melaksanakan kewajiban chek in di terminal keberangkatan Bandara Sepinggan.

Namun demikian, Rachimsyah memastikan pihaknya tetap melaksanakan kewajibannya memberangkatkan penumpang tersebut menumpang maskapai penerbangan lain. Sebagian penumpang berangkat mempergunakan maskapai Garuda Indonesia pukul 09.35 Wita dan Sriwijaya Air pukul 13.00 Wita.

“Ada beberapa yang meminta pengembalian uang pembelian tiket pesawat,” ungkapnya.

Sehari sebelumnya, pesawat Lion Air rute Jakarta – Balikpapan hanya mengalami keterlambatan kedatangan dari semestinya pukul 23.00 Wita menjadi 02.00 Wita di Bandara Sepinggan Balikpapan. Sebagian penumpang terpaksa diinapkan di salah satu hotel terdekat di Bandara Sepinggan Balikpapan.

Maskapai Lion Air membuka sebanyak 40 kali penerbangan keluar dari Bandara Sepinggan rute Tarakan, Berau, Manado, Makassar, Surabaya, Semarang, Yogjakarta dan Jakarta. Sebanyak enam penerbangan sudah dibatalkan sejak jauh jauh hari dengan berbagai alasan teknis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *