PT Scania Parts IndonesiaNewsBalipapan –

Perusahaan multi nasional, Scania AB meresmikan pembukaan PT Scania Parts Indonesia yang berdomisili di kawasan industry Kariangau  Balikpapan Kalimantan Timur, Minggu (20/9). Kantor cabang perusahaan Swedia ini untuk melayani distribusi onderdil mesin truk dan bus industry pertambangan seluruh wilayah Kalimantan.

“Pertumbuhan ekonomi dunia sedang melambat, namun Scania membuka investasi di Indonesia,” kata Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Johana Brismar Skoog di Balikpapan.

Pembukaan Scania Parts Indonesia, kata Johana membuktikan optimisme produsen kendaraan otomotif Eropa akan masa depan ekonomi di Kalimantan. Dia berharap agar adanya Scania Parts Indonesia bisa meningkatkan hubungan baik antara Swedia dan Indonesia di masa masa mendatang.

Managing Director PT Scania Parts Indonesia, Bjorn Gunarsson mengatakan perusahaanya sudah mempertimbangkan keputusan pembukaan kantor onderdil yang menelan anggaran tidak sedikit. Menurutnya Scania menilai investasi ini adalah keputusan jangka panjang untuk kepentingan bisnis di masa depan.

“Investasi kami dilakukan untuk tujuan jangka panjang sehingga tetap dilakukan meskipun kondisi ekonomi melambat,” paparnya.

Apalagi produk produk Scania menguasai hingga 45 persen pangsa pasar truk truk dan bus pertambangan di Kalimantan. Scania Parts Indonesia melayani setidaknya 50 titik lokasi pertambangan Kalimantan yang mengoperasikan hingga 35 ribu truk dan bus tambang.

Senior Vice President Parts and Service Scania CV AB, Mikael Jansson menambahkan kebutuhan onderdil truk dan bus seluruh Kalimantan nantinya dipenuhi pasokan gudang di Balikpapan. Kantor cabang Balikpapan memiliki gudang seluas 225 meter persegi dengan tinggi mencapai 9 meter.

“Pasokan onderdil juga masih kami pesan dari kantor di Singapura yang melayani untuk kebutuhan di seluruh ASEAN,” tuturnya.

Prosedurnya, Mikael menyebutkan site site Kalimantan melakukan pemesanan pada PT United Tractor (Tbk) selaku pemesan izin penjualan alat berat di Indonesia. Selanjutnya PT Scania Parts Indonesia yang akan menyiapkan onderdil termasuk service mesin mesin tambang ini.

“Kami juga ada kerjasama dengan perusahaan di Belgia dalam perbaikan mesin mesin ini,” ujarnya.

Kota Balikpapan dianggap menjadi lokasi strategis menjadi base distribusi truk dan onderdil untuk seluruh wilayah Kalimantan. Kota ini memiliki bandar udara bertaraf internasional dan pelabuhan laut yang mampu menjangkau wilayah wilayah di Kalimantan.