DPRD BalikpapanNewsBalikpapan –

DPRD Balikpapan mendukung tuntutan otonomi khusus sedang diperjuangkan Pemprov Kaltim. Lembaga legeslatif ini siap memberikan dukungan politik pada Pemkot Balikpapan yang akan membantu perjuangan Pemprov Kaltim.

“Kami mendukung seribu persen pada Pemkot Balikpapan,” kata Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh, Rabu (7/1/2015).

Abdulloh mengatakan sudah sewajarnya masyarakat Kaltim menuntut alokasi dana perimbangan sector migas pada pemerintah pusat. Menurutnya sumber daya mineral Kaltim selama ini sudah menyumbang pemasukan kas negara Indonesia.

Sumbangan eksploitasi sumber daya alam ini, menurut Abdulloh sebagian kecil diantaranya yang kembali pada warga Kaltim berupa  dana perimbangan sector migas. Pembangunan infrastuktur  di Kaltim jauh tertinggal dibandingkan pulau utama di Indonesia yaitu Jawa dan Sumatera.

“Dana perimbangan sector migas yang kembali ke Kaltim relative kecil yaitu hanya 2 persen saja dari total yang disumbangkan per tahun,” ungkapnya.

Abdulloh memahami kebijakan pemerintah dimana daerah yang kaya mensubsidi daerah daerah yang miskin sumber daya alamnya. Namun demikian, dia menilai semestinya daerah daerah penghasil memperoleh dana perimbangan sector migas yang lebih besar dibandingkan diterima saat ini.

“Untuk mengejar ketertinggalan pembangunan infrastuktur di Kaltim,” ujarnya.

Naiknya dana perimbangan sector migas provinsi, kata Abdulloh akan berdampak positif pada kota/kabupaten di Kaltim nantinya. Kota/kabupaten ini nantinya akan turut menikmati besaran anggaran dimiliki Pemprov Kaltim untuk pembangunan daerah d wilayahnya.

Pencarian Populer:

Koran balikpapan hari ini