Dokter BalikpapanNewsBalikpapan –

Infrastruktur kesehatan di Kalimantan Timur (Kaltim) hingga kini masih memprihatinkan dan belum memadai. Salah satunya ketersedian tenaga kesehatan.

Pasalnya, hingga kini khusus untuk dokter spesialis bedah anak hanya ada satu, itu pun di Ibukota Provinsi Kaltim Samarinda. Sedangkan di Kota dan Kabupaten lainnya di Kaltim maupun Kaltara belum ada dokter spesialis bedah anak.

“Balikpapan memang sampai sekarang kita belum ada dokter spesialis anak, karena memang cuma ada satu itu pun di Samarinda,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Dyah Muryani, Rabu (27/11).

Diakuinya, dokter sepesialis bedah anak merupakan tenaga kesehatan yang cukup langka di Indonesia. Karena lulusannya pun sangat terbatas.

Bahkan kata Dyah,tenaga  dokter spesialis bedah anak, biasanya hanya ada di rumah sakit khusus tipe A. Khusus di Kaltim maupun Kaltara rumah sakit tipe A hanya rumah sakit rumah Sakitumum daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahraniedi Samarinda.

Menurutnya, problem tersebut, dialami hampir seluruh daerah kota dan kabupaten di Indonesia bertahun-tahun.   Bahkan data tahun 2006 lalu menyebutkan, jumlah dokter spesialis bedah anak di Indonesia hanya ada 39 orang, sebanyak 18 orang diantaranya ada di Jakarta.

 

Pencarian Populer:

dokter bedah di balikpapan, profil dokter bedah anak di balikpapan