RM ApongNewsBalikpapan –

Presiden Joko Widodo sedang dalam rangkaian lawatan peresmian proyek proyek raksasa di Kalimantan dalam sepekan ini. Tercatat ada tiga proyek penting yang masuk agenda lawatan yakni Jembatan Tayan Pontianak (Kalbar), Bandara Juata Tarakan (Kaltara) dan jalan tol Balikpapan – Samarinda (Kaltim).

“Presiden dalam sejumlah lawatan peresmian proyek proyek di Kalimantan,” kata Kepala Penerangan Kodam Mulawarman, Kolonel Andi Gunawan, Rabu (23/3).

Rombongan presiden secara marathon mengunjungi sejumlah kota di Kalimantan yakni Pontianak, Tarakan dan Balikpapan dalam rangka peresmian proyek proyek tersebut. Presiden menumpang pesawat kepresidenan mengakhiri kunjungannya di Balikpapan sebelum kembali ke Jakarta.

“Hari ini presiden meresmikan proyek di Kalbar dilanjutkan terbang ke Tarakan. Presiden rencananya sore ini sudah tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan untuk meninjau pembangunan jalan tol esok harinya,” ungkap Andi.

Agendanya, presiden meninjau pembangunan paket I jalan tol menghubungkan Balikpapan – Samboja. Paket I jalan tol Balikpapan – Samarinda sepanjang 25,07 kilometer mempergunakan alokasi anggaran pusat sebesar Rp 1,5 triliun.

Sela sela kunjungan di Balikpapan, presiden Jokowi dipastikan mencicipi menu hidangan laut Restoran Apong. Restoran makan yang khusus menyajikan hidangan laut merupakan lokasi favorit direkomendasikan Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendy.

“Sepertinya Pemkot Balikpapan yang merekomendasikan restoran kami,” kata Marketing dan Humas RM Apong Balikpapan, Sisharyanto.

Sisharyanto mengatakan RM Apong menjadi lokasi favorit sejumlah pejabat pemerintah daerah Balikpapan. Meskipun baru enam bulan membuka cabang di Balikpapan, menurutnya Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendy sudah langsung menggemari menu makan jadi andalannya.

“Wali Kota Balikpapan menggemari menu kepiting sauce telor asin,” ungkapnya.

RM Apong memang memiliki keunikan menu rahasia sauce yang tidak dimiliki restoran lainnya di Balikpapan. Mereka mengandalkan menu makanan ikan laut berbalurkan sauce angsio, macho dan telor asin.

“Rasanya asin dan gurih dari sauce ini. Asli dari Makassar yang pembuatannya dirahasiakan,” paparnya.

RM Apong sudah dahulu terkenal akan kelezatan masakannya di Makassar Sulawesi Selatan. Setelah memiliki dua cabang di Makassar, RM Apong membuka anak cabangnya di Balikpapan.

Sehubungan kedatangan Jokowi, RM Apong juga menjalani sterilisasi personil Paspampres dalam mengecek pengamanan, kebersihan dan kesehatan dalam melayani menu rombongan presiden. Lantai tiga bangunan juga dipersiapkan sebagai lokasi persembunyian para penembak jitu pengamanan presiden.