Jembatan Kutai Rubuh, SBY Angkat Bicara
26 November 2011
Bontang FC Takluk 0-1
26 November 2011

Golden Gate, Lokasi Pacaran

Balikpapan - Jika memasuki Gerbang Kora Raja Tenggarong Kutaikertanegara yang pertama akan terlihat adalah keindahan Golden Gate atau jembatan Tenggarong. Disebut Golden Gate karena kontruksinya yang memang mirip dengan jembatan yang ada di San Fransisko Amerika Serikat. Keindahan itu terlihat saat malam hari, saat lampu-lampu berwarna-warni menghisasi jembatan dengan panjang sekitar 712 meter dan lebar 9 meter itu yang selama ini menjadi penghubung antara Kota Tenggarong dan Kota Samarinda.

Namun jembatan yang membelah sungai mahakm dan diresmikan tahun 2000 silam atau telah berusia 11 tahun itu akhirnya ambruk dan menelan korban jiwa. Jembatan tersebut ambruk Sabtu (26/11) sekitar pukul 16.30 wita, saat sedang dalam perbaikkan.

Dari atas jembatan terlihat hamparan sungai Mahakam yang indah dan Taman Wisata Pulau Kumala diantaranya sky tower setinggi 100 meter dan kereta api mini, area permainan dan kereta gantung.

Tepat di samping jembatan,terdapat sebuah kolam kecil dan air mancur dengan lampu sorot warna-warni yang di malam hari menghasilkan perpaduan warna yang sangat indah. dns information . Tidak jauh dari kawasan panggung terdapat tempat untuk bermain papan luncur (skate board).

Menariknya saat malam hari khususnya malam Minggu, dibawah jembatan atau masyarakat Tenggarong menyebutnya BJ, menjadi tempat anak muda kota itu memadu kasih, sambil menikmati pemandangan sungai mahakan dan indahnya kelap-kelip lampu.

Selain itu, tepat disisi jembatan ada panggung yang biasa digunakan berbagai jenis kegiatan termasuk pentas acara seni local maupun nasional. Tepat didepan jembatan berdiri gedung mewah kantor Bupati Kutaikertanegara dan gedung DPRD Kutaikertanegara. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *